5 Cara Sederhana Mengajarkan Anak Minta Maaf Sejak Dini

Bandung - Berani mengakui kesalahan dan meminta maaf adalah hal yang perlu diajarkan pada anak sejak dini. Meminta maaf adalah proses pembelajaran untuk melatih kepekaan dan tanggung jawab anak. 

Memang diperlukan kesabaran dan waktu yang tidak sebentar untuk mengajarkan anak meminta maaf. Tapi jangan khawatir, BeritaBaik punya beberapa panduan sederhana yang bisa TemanBaik coba nih untuk mengajarkan anak minta maaf sejak dini.

Menjadi Contoh
Orangtua adalah contoh bagi anak-anaknya. Oleh sebab itu mulailah kebiasaan meminta maaf jika orangtua melakukan kesalahan pada anak, baik sengaja atau tidak. Hal tersebut dapat menjadi contoh bagi si kecil untuk melakukan hal serupa. 

Tidak Berteriak
Beri penjelasan kalau anak harus bertanggung jawab pada suatu hal yang telah dilakukan dengan nada yang pelan. Hindari mengajarkan anak dengan nada tinggi apalagi sampai berteriak. Hal tersebut malah akan membuat suasana jadi tidak nyaman dan si anak bisa merasa tertekan atau trauma.


Beri Pelukan
Supaya anak sadar akan kesalahannya dan dapat meminta maaf dengan tulus, maka orangtua dapat mengajarkan meminta maaf dengan cara yang meyenangkan. Beri alasan kenapa si kecil perlu meminta maaf dan penjelasan kalau ia tidak boleh mengulangi kesalahannya. Setelah anak meminta maaf, orangtua bisa memberikan maaf dan pelukan, dengan begitu anak akan mengerti kalau meminta maaf bukan sesuatu yang menakutkan. 

Ajari Minta Maaf dengan Tulus
Beri anak penjelasan kalau setiap orang tidak sempurna dan pasti melakukan kesalahan, dan mereka harus bertanggung jawab dengan meminta maaf secara tulus. Beri juga penjelasan kalau meminta maaf bukan sebuah kelemahan melainkan tanda kalau dia adalah orang yang berani dan bertanggung jawab atas tindakannya. 

Tidak Memaksa
Memberikan penjelasan pada anak diharapkan menumbuhkan kesadaran dan empati sehingga anak bisa meminta maaf dengan tulus tanpa paksaan. Hal ini bisa ditanamkan sejak dini dan bakal mempengaruhi sikapnya saat dewasa nanti. 

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler