Ramuan Minyak Telon dan Bawang untuk Redakan Panas Anak, Amankah?

Bandung - Para orangtua di kita biasanya masih ada yang menggunakan ramuan tradisional untuk mengobati penyakit. Salah satu contohnya adalah ramuan minyak telon ditambah bawang merah untuk mengobati demam.

Biasanya, bawang merah diiris dan ditambah minyak telon. Ada juga yang menumbuk ramuan itu agar minyak dan bawang putih benar-benar tercampur. Setelah itu, ramuan itu akan dioleskan pada tubuh bayi atau anak.

Ramuan itu banyak dipercaya bisa menurunkan panas anak dengan cepat. Karena itu, masih banyak loh para orangtua yang menggunakan ramuan itu, termasuk orangtua zaman sekarang. Tapi, bagaimana ramuan itu dipandang dari sisi medis?

Ternyata manfaat yang diyakini masyarakat itu aman loh secara medis. Sebab, penggunaan ramuan minyak telon dan bawang akan membuat pori-pori serta pembuluh darah lebih terbuka.

"Itu kan (ramuan) sifatnya panas, kalau (tubuh) dikasih yang panas pembuluh darah akan melebar, itu akan mengeluarkan panas (dari dalam tubuh)," ujar dokter spesialis anak Prof. Dida Gurnida, Sp.A(K).

Meski begitu, jangan sembarangan menggunakan ramuan tradisional itu ya, TemanBaik. Sebab, ada bayi atau anak yang alergi terhadap bawang. Jadi, pastikan dulu apakah bayi atau anak punya alergi atau tidak. Jika alergi, sebaiknya hindari penggunaan ramuan itu.

"Hati-hati juga, (di tubuh anak) ada bekas luka atau tidak," ucap Dida.

Jika terdapat luka, khawatirnya penggunaan minyak telon dan bawang membuat sang anak merasa perih dan kesakitan. Yang lebih dikhawatirkan justru akan terjadi infeksi. Jadi, perhatikan betul-betul ya sebelum mengolesnya.
Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler