Intip 6 Persiapan Penting Sebelum Mengikuti Lari Maraton

Saat ini olahraga lari tengah digandrungi banyak kalangan. Enggak sekadar menempa fisik, ternyata genre atletik juga menjadi hiburan dan gaya hidup modern loh.

Berawal dari lahirnya banyak komunitas, sekarang event lari maraton juga makin hype saja nih TemanHaik. Levelnya mulai dari lokal hingga mancanegara. Tapi patut diperhatikan ya, sebelum mengikuti perlombaan lari, baiknya kamu persiapkan mental dan fisik kamu secara matang.

Sebelum berlaga di kelas half atau full maraton hingga 42 kilometer, ada serangkaian latihan dan pendisiplinan pola hidup biar kamu fit saat bertanding. Salah satu Pacer dari komunitas lari FAKERunners Bandung, Edwin Sutjipto, berbagi tips pentingnya nih. Apa saja yang wajib dilakoni sebelum mengikuti lari maraton. Simak ya.

1. Disiplin Mengikuti Berbagai Latihan
Coba lah untuk disiplin mengikuti serangkaian agenda latihan yang sudah dianjurkan pacer, minimal seminggu sebelum perlombaan digelar. Biasanya, jadwal latihan dibuat dengan porsi dan durasi berlatih yang beragam. Panjang jarak yang ditempuh disesuaikan dengan yang ditetapkan. Tapi saat berlari, kamu sendiri yang paling paham kondisi.

2. Percaya Pada kondisi Sendiri
Percaya lah kondisi fisik dan mental kamu yang terbaik, hanya diketahui diri sendiri. Jika ada cedera, baiknya dicek ke dokter atau fisioterapis, .apakah kamu lebih baik mengikuti pertandingan atau tidak.

Menurut Edwin, sebagai pacer dia hanya membuat program atau target waktu bukan berdasarkan kondisi pelari, tapi murni dari keterangan data seperti catatan waktu, durasi lari hingga pemeriksaan detak nadi.

3. Perbanyak Istirahat
Perbanyak istirahat ya TemanBaik, terutama istirahatkan pikiran dan tentunya kaki kamu dong. Jaga nutrisi dari tubuh agar tetap fresh dan dalam kondisi fit. Edwin mengatakan, baik lari sejauh 5 kilometer maupun yang terjauh 42 kilometer semuanya sama dan punya tantangan tersendiri.

Enggak pernah ada kata mudah buat pelari karena semua track membutuhkan semangat dan kemampuan kamu untuk konsisten hingga menyentuh garis finish.

4. Jangan Gunakan Outfit Baru
Ini tips penting loh buat kamu pelari pemula, menurut Edwin baiknya kamu pergunakan sepatu, kaus kaki yang lama loh dibandingkan yang baru. Apa alasannya? Menurutnya, sepatu butuh memory foam untuk beradaptasi dengan lekuk kaki kita. Ini juga jadi catatan penting agar kamu terhindar dari risiko cedera.

5. Fokus dengan Diri Sendiri
Ingat nih TemanBaik jangan terpancing oleh pelari lain ya, selalu ingat target pribadi pace pribadi. Hal yang wajib diperhatikan, pastikan hidrasi dan nutrisi terjaga dengan baik sebelum, saat dan setelah lomba

Perhatikan batasan diri, selalu tempatkan keselamatan dan kesehatan di prioritas tertinggi ya TemanBaik. Jika ada terasa sakit, pusing, mual dan keluhan serius, segera minta tolong medis segera berhenti lari.

6. Gunakan Energy Gel Sesuai Anjuran
Nah biar kamu enggak ketinggalan jauh dan jadi manja, saat lomba baiknya sih gunakan energy gel alias olesan kaki 15 menit menjelang start dan boleh mengulanginya per 45 menit berlari.

Selanjutnya, setelah finish jangan langsung berhenti ya, usahakan berlari kecil atau jalan untuk mendinginkan suhu tubuh sekitar 5-10 menit. Setelah selesai lomba, usahakan beristirahat atau tidur minimal 45 menit, selanjutnya boleh melanjutkan agenda kamu selanjutnya.


Foto fakerunersbandung







Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler