Mau Terjun di Bursa Saham? Ikuti 4 Kunci Sukses Berinvestasi Ini

Bandung - TemanBaik mau belajar berinvestasi? Sesuai yang disarankan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), enaknya sih kita mencari perusahaan atau cara bisnis yang berizin resmi ya. 

Hati - hati loh, saat ini banyak jenis investasi yang bodong alias enggak mengantongi izin dan menjanjikan keuntungan yang enggak masuk akal. Jangan gampang tergiur ya, sebelum memutuskan untuk berinvetasi yuk kita edukasi diri dengan beberapa kunci pentingnya.

Direktur Utama PT Rifan Financindo Ovide Drecoli membagikan tips jitunya nih, apa sih langkah tepat buat investor pemula untuk terjun ke bursa. Simak yuk

1. Edukasi Diri dengan Mengenal Berbagai Jenis Investasi
Di indonesia banyak banget loh jenis investasi. Ada Perdagangan Berjangka Komoditi (PBK), ada saham, properti, emas/logam mulia, deposito berjangka dan masih banyak lagi. 

Menurut Ovide setiap perusahaan yang mengajak investasi pasti izin tersendiri. Misalnya jika kamu memilih jenis PBK, pasti pergerakannya tercatat di Bursa Efek Indonesia. Setiap saat, investor juga diberikan kemudahan untuk mengetahui dan memantau pergerakannya.

2. Selalu Ingat Istilah High Risk High Return
Ingat ya TemanBaik, kalau kamu berinvestasi atau bermain saham degan izin yang jelas dan go public, biasanya kemungkinan untuk untung dan ruginya tinggi loh. Kalau marketnya bagus, ya kamu pasti bisa meraup banyak keuntungan. Sebaliknya kalau rugi juga enggak bisa diprediksi lebih detail loh kapan dan apa pertandanya. 

Langkah tepatnya, bekali dulu diri kamu dengan mengenal lebih dalam berbagai investasi dan segala risikonya. Misalnya kalau lamu memilih investasi emas, buang impian kalau menimbun emas atau logam mulia itu akan selamanya menguntungkan.

Bagi Ovide, emas merupakan investasi paling abadi di seluruh dunia. Namun enggak selamanya harga emas bagus di pasaran. Kalau lagi melesat, ini lah saatnya kamu menjualnya di pasaran. Sebaliknya kalau rugi sedikit, kalau jumlahnya masih wajar ya diterima saja ya TemanBaik.

3. Percayakan Pada Pialang Profesional
Ovide menjelaskan, pilih lah pialang yang bekerja profesional dan mengedukasikan calon nasabahnya.  Enggak hanya dari sisi potensi keuntungan, tapi terbuka membahas risiko dari investasi alias fairness. 

Lanjutnya, dengan informasi yang benar dan pemahaman yang tepat, maka peluang main saham khususnya bagi industri perdagangan berjangka komoditi di di Indonesia akan tumbuh lebih tinggi lagi loh. Saat ini pasarnya makin terbuka.

4. Pantau Pergerakan Investasi dengan Cermat
Mau beli saham berjangka atau pun emas batangan, semua butuh perhatian spesial dari kamu loh TemanBaik. Meski masih milenial, enggak ada salahnya kalau kamu pengin belajar berinvestasi. Sekecil apapun nilai investasimu, jangan lengah dan lepas tangan untuk mengikuti berbagai perkembangannya. Siapa tahu dari yang asalnya investor, kamu bisa menjadi pialang profesional.
Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler