Beralih ke Gaya Hidup Non Tunai Yuk! Ini 5 Keuntungannya

Bandung - Tahu enggak TemanBaik, menurut studi Consumer Payment Attitudes 2018 yang dirilis Visa, saAt ini mayoritas masyarakat Indonesia sudah semakin siap menghadapi masa depan tanpa uang tunai alias cashless.

Sekitar 8 dari 10 orang atau sekitar 82 persen responden menyatakan kalau mereka sudah nyaman banget loh bepergian tanpa uang tunai. Nah dari angka itu juga kita bisa simpulkan nih, kalau konsumen yang melek digital semakin bertumbuh di Asia Tenggara, termasuk di Indonesia.

Presiden Direktur PT Visa Worldwide Indonesia Riko Abdurrahman, berbagi tentang apa saja manfaat pembayaran nontunai di era digital seperti saat ini. Simak yuk!

1. Percaya Diri Walau Tanpa Uang Tunai 

Berdasarkan studi Visa Consumer Payment Attitudes, 77 persen masyarakat Indonesia memperkirakan akan semakin sering menggunakan pembayaran nontunai dalam jangka waktu 12 bulan ke depan. 

Selain itu, 41 persen juga meyakini Indonesia akan mewujudkan masyarakat tanpa tunai dalam kurun waktu tiga tahun. Jadi, buat TemanBaik yang belum buka rekening bank atau terdaftar di operator e-money yuk biasakan untuk menciptakan gerakan nontunai dimulai dari sendiri.

"Saat ini, semakin banyak masyarakat Indonesia yang memiliki akses terhadap pembayaran nontunai sehingga lebih percaya diri bepergian tanpa tunai, dengan keamanan informasi pribadi menjadi fokus utama mereka. Karenanya, Visa berkomitmen untuk menghadirkan teknologi pembayaran dan keamanan digital terbaru, seperti Visa Contactless dan Visa Token Service," paparnya. 

2. Metode Pembayaran Lebih Cepat

Menjalani gaya hidup nontunai menjadi lebih mudah dan menarik bagi masyarakat Indonesia karena banyaknya opsi cara membayar. Kamu bisa memilih pembayaran menggunakan kartu, teknologi nirkontak, hingga yang berbasis kode QR. TemanBaik juga pasti pengin proses pembayaran yang lebih cepat, mudah, dan aman. Jadi, enggak ada alasan lagi buat mengurangi penggunaan uang tunai dan memulai gaya hidup nontunai.

3. Nontunai Permudah Pembayaran dengan Gaya Mobile

Salah satu studi menunjukkan pertumbuhan mobile commerce yang tinggi. Surveinya menunjukkan hampir 93 persen responden semakin merasa nyaman untuk melakukan pembayaran di ponsel mereka. 


Sekarang konsumen Indonesia juga lebih banyak bertransaksi menggunakan ponsel mereka melalui sebuah aplikasi, bukan web atau browser. Tapi, keamanan bertransaksi tetap menjadi prioritas utama ya. Jadi sebelum kamu masukkan informasi pribadi, pastikan dulu ya keamanan saat bertransaksi menggunakan ponsel.

4. Pilih Opsi Pembayaran Nontunai Sesyai dengan Selera Kamu

Saat ditanya mengenai masa depan pembayaran, banyak TemanBaik yang menunjukkan minat untuk menggunakan perangkat pembayaran wearables alias mudah digunakan. Salah satu favoritnya, jam pintar.  Selain jam pintar dan ponsel pintar, 69 persen masyarakat Indonesia juga berminat menggunakan teknologi biometrik untuk autentikasi pembayaran. Kebanyakan sih teknologi pemindaian jari sebagai opsi yang paling nyaman.

5. Gunakan Kartu Nirkontak

Menggunakan kartu nirkontak atau kartu debit dan kredit jadi pilihan cerdas juga loh, TemanBaik. Menurut survei sih sekitar 79 persen tertarik dengan pembayaran nirkontak berbasis mobile. Kebanyakan sih orang Indonesia gunakan buat belanja di supermarket, toko retail, dan gerai makanan cepat saji.

Kenapa sih harus nontunai? Enggak bisa disangkal lagi, kecepatan, kenyamanan, dan keamanan adalah alasan utama tertarik menggunakan pembayaran nirkontak.

Kebanyakan dari TemanBaik juga merasa tertarik menggunakan pembayaran berbasis kode QR karena dapat menghemat waktu, mudah digunakan, tidak ribet, aman, dan menyenangkan.
Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler