Hindari Sakit Saat Musim Hujan dengan 6 Langkah Ini

Bandung - TemanBaik, dalam beberapa pekan ke depan musim kemarau akan beralih ke musim hujan nih. Kamu wajib waspada ya agar tidak mudah terserang penyakit.

Kenapa harus lebih waspada? Itu karena musim hujan berpotensi membuat tubuh kamu kurang bugar. Dalam kondisi seperti itu, penyakit bisa dengan mudah menyerang tubuhmu.

Di musim hujan, kamu akan terpapar suhu yang lebih dingin dari biasanya. Apalagi jika kamu kehujanan. Macet juga biasanya jadi pemandangan umum setelah hujan. Itu akan membuat perjalanan kamu terasa lebih melelahkan kan?

"Untuk menghadapinya, kita harus melakukan perilaku agar daya tahan tubuh tetap kuat. Tujuannya agar daya tahan tubuh tidak mudah menurun," ujar Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kota Bandung Rosye Arosdiani Apip dalam kegiatan Bandung Menjawab di Balai Kota Bandung, Kamis (3/10/2019).

Untuk menjaga daya tahan tubuh ini, ada enam langkah yang perlu dilakukan, yaitu gerakan CERDIK. CERDIK ini merupakan singkatan. Apa ya singkatannya?

Yang pertama adalah Cek Kesehatan Secara Teratur. Apalagi jika kamu mulai merasa enggak badan atau gejala lainnya, segera periksakan ke pusat layanan kesehatan. Kedua adalah Enyahkan Asap Rokok. Sudah tahu kan bahayanya asap rokok? Bukan hanya perokok, tapi juga bagi orang di sekitarnya yang bukan perokok.

Baca Ini Juga Yuk: Memaafkan Punya Manfaat yang Baik Bagi Kesehatan Tubuh Loh

Ketiga adalah Rajin Beraktivitas Fisik. Enggak perlu berpikir melakukan olahraga berat deh. Kamu bisa melakukan hal sederhana tapi membuat fisik kamu bergerak. Minimal 30 menit saja sehari sudah cukup kok, bisa dengan jalan kaki, mengepel, menyapu, mencuci, atau berbagai kegiatan lainnya.

Keempat adalah lakukan Diet Seimbang. Kamu harus memperhatikan asupan gizi, nutrisi, hingga vitamin untuk mejaga tubuh kamu tetap bugar. Kurangi deh jajan sembarangan yang kebersihannya meragukan.

Kelima adalah istirahat yang Cukup. Ini sangat penting loh. Sebab, jika istirahat kamu kurang, daya tahan tubuh kamu dengan mudah akan melemah dan mengundang penyakit untuk datang.

Terakhir adalah Kendalikan Stres. Ini faktor yang tak kalah penting. Jaga pikiran kamu agar tetap rileks. Lakukan kegiatan yang akan membuat tingkat stres kamu berkurang. Sebab, lima langkah di atas pada akhirnya bisa sia-sia jika kamu stres.

"Karena sebaik apapun pola hidup kita, ketika stres melebihi kapasitas, daya tahan tubuh kita juga akan terganggu," jelas Rosye.

Sudah tahu kan TemanBaik apa yang harus dilakukan? Sebaiknya enam langkah itu kamu lakukan dari sekarang tanpa harus menunggu musim hujan tiba. Jangan sampai menyesal setelah sakit menerjang ya!


Foto: Oris Riswan Budiana/beritabaik.id

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler