Hati-hati Ya! Ini yang Terjadi Kalau Bayi Kecanduan Gawai

Bandung - Sudah banyak yang mengulas soal dampak kecanduan gawai pada anak-anak. Tapi, TemanBaik tahu enggak sih dampak kecanduan gawai pada bayi, tepatnya yang berusia di bawah satu tahun?

Psikolog klini Rumah Sakit Khusus Ibu dan Anak (RSKIA) Kota Bandung Dwi Edrianti memberi penjelasannya. Simak ulasan lengkapnya yuk TemanBaik!

Anak dengan usia di bawah 1 tahun tentu memiliki perkembangan dari waktu ke waktu. Tapi, yang jelas usia di bawah 1 tahun adalah saatnya kemampuan motorik anak mulai terlatih. Misalnya, anak mulai suka menggam sesuatu, menyenangi mainan dengan warna mencolok dan berbunyi, hingga merangkak.

Tapi, apa dampaknya jika bayi usia di bawah 1 tahun kecanduan gawai? Berbagai kemampuan motoriknya bisa terhambat. Apalagi jika si bayi sejak dini sudah mulai dikenalkan dengan gawai, misalnya video klip, animasi, atau tayangan lain yang dinilai menarik untuknya.

Salah satu dampak yang bisa dilihat adalah saat bayi diberikan mainan. Pada perkembangan normal, si kecil pasti tertarik, ingin menggenggam, dan tentu saja memainkannya.

Baca Ini Juga Yuk: Bukan Hanya Membatasi, Lakukan Ini Agar Anak Tak Kecanduan Gawai

"Anak yang sehat, yang terstimulasi dengan baik, dia akan merespons pada mainan tersebut," kata Dwi.

Tapi, jika gawai sudah 'meracuni' bayi, kemungkinan besar dia tak akan terlalu tertarik dengan mainan. Akibatnya, si kecil akan lebih tertarik pada gawai yang menampilkan gambar bergerak. Ini yang kemudian membuat motoriknya berkembang lambat karena anak lebih banyak diam menyaksikan layar gawai.

"Kalau jadi kebiasaan (bermain gawai) dan berlebihan, dia akan ada indikasi ke arah lebih tertarik pada benda yang tidak menstimulasi motorik. Kalau ini dibiarkan, akan berpengaruh ke perkembangan tahapan berikutnya," jelas Dwi.

Di tahapan usia lebih dari 1 tahun, anak biasanya akan mulai belajar berjalan. Perkembangan lainnya juga akan bertahap dilakukan anak, mulai dari penambahan kosa kata hingga sosialisasi.

Nah, TemanBaik, khususnya para orang tua, sebaiknya berpikir ulang yang mengenalkan bayi dengan gawai. Jangan sampai perkembangan si kecil terhambat ya!


Foto: 

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler