Serba Organik dan Kaya Ilmu di 'Pasar Sehat 1000 Kebun'

Bandung - Kegiatan seru digelar di Taman Kantor Kecamatan Sukamiskin, Kota Bandung, pada Sabtu (21/12/2019), bernama 'Pasar Sehat 1000 Kebun'. Keseruan apa saja ya yang dihadirkan di lokasi?

Di sini, pengunjung disuguhi beragam makanan dan bahan makan sehat, mulai dari sayuran, buah-buahan, makanan, serta minuman. Semuanya organik, menyehatkan, dan tentu rasa yang disajikan akan memanjakan lidah.

Anak-anak juga diberi ruang berekspresi dan bermain. Sebab, di lokasi terdapat area khusus untuk anak-anak. Di dalamnya juga ada kakak-kakak yang siap menghadirkan keceriaan melalui beragam permainan tradisional.

"Di sini ada 35-40 tenant yang ikut serta, pesertanya sendiri melalui proses tahap kurasi. Dan karena nama kegiatannya 'Pasar Sehat 1000 Kebun', yang disajikan di sini semuanya harus sehat," kata Ketua Pelaksana Pasar Sehat 1000 Kebun Vania Febriyanti kepada BeritaBaik.id.

Kegiatan ini bukan pertama kali digelar loh TemanBaik. 'Pasar Sehat 1000 Kebun' sudah rutin digelar sejak 2015. Tapi, tempatnya digelar berbeda setiap pelaksanaannya. Lalu, apa yang berbeda dari pelaksanaan yang sekarang ya?

"Kegiatan kali ini adalah yang pertama kali kita bekerja sama dengan pemerintah. Sekarang juga ada tenant dari ITB mengenai buah agro yang bekerja sama dengan Lembang Agro. Ada juga green technology dari ITB," jelas Vania.

Baca Ini Juga Yuk: Plastavfall Jadi Cara Bea Bethari Menjawab Permasalahan Sampah

Selain itu, ada bergam hal unik dan keren lainnya di lokasi. Salah satu yang menarik adalah talkshow 'Pengalaman Petani Muda di Sukabumi dan Kebumen bersama Program Let's be Young Farmers. Ini jadi ajang bertukar pengalaman dan semangat agar anak-anak muda mau bertani.

Ada juga workshop tentang cara berkebun seru, diskusi dan praktik membuat sabun lerak bersama Plastavfall Solution, membulat salad dan dressing bersama Serasa, serta diskusi pola makan sehat bersama ahli gizi Sarah El Zeany. Ada juga penampilan kacapi suling oleh warga setempat hingga garage sale.

Di akhir kegiatan, tepatnya pada sore hari, ada silaturahmi Komunitas 1000 Kebun. Ini jadi kegiatan silaturahmi, ramah tamah, hingga evaluasi dan membahas rencana program di tahun 2020 mendatang.

Dikunjungi Warga Malaysia
Vania mengatakan, respons warga sekitar terhadap kegiatan 'Pasar Sehat 1000 Kebun' sangat luar biasa. Itu menandakan bahwa warga sekitar juga peduli terhadap kesehatannya sendiri. Dengan hadir di lokasi, mereka bisa mendapat beragam pengetahuan seputar makanan sehat dan gaya hidup sehat.

Tak hanya warga setempat, ada juga pengunjung dari daerah lain. Sebab, mereka tahu ada kegiatan di lokasi dari para pemilik tenant yang mempromosikan kegiatan melaui media sosial masing-masing.

"Tenant-tenant di sini punya pasar sendiri dan punya sosial media. Mereka update ada kegiatan ini di sini, jadi follower dan market mereka juga ikut kumpul di sini," jelas Vania.

Yang menarik, ada pengunjung dari Malaysia yang menurutnya sengaja datang ke lokasi. Pengunjung tersebut sangat penasaran dengan kegiatan ini.

Vania lalu mengungkap misi besar dari digelarnya 'Pasar Sehat 1000 Kebun'. Kegiatan ini jadi sarana 'dakwah' dalam menularkan gaya hidup sehat. Tak hanya melulu soal makanan, tapi gaya hidup sehat dan ramah lingkungan secara keseluruhan.

"Kita targetnya ingin menginpirasi pola hidup sehat ke masyarakat," pungkas Vania.


Foto: Oris Riswan Budiana/beritabaik.id


Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler