Pentingnya Cuci Tangan Usai Bermain dengan Hewan Peliharaan

Bandung - TemanBaik ada yang punya hewan peliharaan? Apapun jenis hewan peliharaan kamu, pasti menggemaskan kan jika bermain dengan mereka? Bisa dengan mengusapnya, menggendongnya, atau bahkan ada yang gemar berbicara dengan hewan peliharaan.

Tapi, ada hal yang kerap diabaikan oleh pemilik hewan peliharaan. Usai bermain atau berinteraksi dengan hewan peliharaan, sang pemilik tak memperhatikan kebersihan diri sendiri. Salah satu contoh adalah tidak mencuci tangan usai berinteraksi dengan hewan peliharaan.

Hal ini berbahaya loh TemanBaik. Sebab, bisa saja kamu tertular zoonosis, yaitu penyakit yang ditularkan oleh hewan. Jenis penyakitnya pun beragam tergantung hewan peliharaanmu. Bahkan, ada penyakit yang berpotensi mengancam nyawa kamu.

Baca Ini Juga Yuk: Begini Cara Pakai Masker yang Efektif Cegah Penyakit

Mencuci tangan menjadi hal wajib jika setelah kamu berinteraksi dengan hewan peliharaan. Ini untuk mencegah kuman, bakteri, atau bibit penyakit menjangkiti kamu.

"Setelah berinteraksi dengan binatang, apapun binatangnya, jangan lupa untuk mencuci tangan. Karena kita enggak tahu (penyakit) apa yang bisa menular dari sana," ujar Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kota Bandung Rosye Arosdiani Apip.

Mungkin ada di antara kamu yang menganggap remeh cara mencuci tangan. Bahkan, mungkin ada yang sekedar basah dan terkena sabun serta melakukannya hanya beberapa detik saja. Yang paling ideal adalah mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir.


                                                                        Foto: Oris Riswan Budiana/beritabaik.id

Ia pun mengingatkan mencuci tangan harus telaten. Saat menggunakan sabun, pastikan semua bagian dari tangan terkena sabun. Pastikan juga sela-sela jari dibersihan. Setelah itu siram tangan dengan air mengalir. Lamanya mencuci tangan berkisar 10-20 detik. Jadi, jangan buru-buru lagi ya jika mencuci tangan!

"Mencuci tangan dengan teknik yang benar akan membantu kita terhindar dari bibit penyakit," ucap Rosye.

Yang tak kalah penting, kamu harus memperhatikan kesehatan hewan peliharaanmu. Cari tahu deh informasi soal gejala jika hewan peliharaan sakit. Sebab, setiap hewan akan menunjukkan gejala berbeda.

Jika kamu mencurigai hewan peliharaan sakit, membawa ke dokter hewan adalah langkah bijak. Sehingga, hewan peliharaanmu bisa kembali sehat dan tak menjadi sumber penyakit, apalagi menularkannya padamu tanpa disadari.

Untuk hewan-hewan tertentu, sebaiknya lakukan vaksinasi secara berkala, misalnya anjing dan kucing. Hal ini untuk memastikan hewan peliharaanmu sehat dan punya daya tahan tubuh mumpuni.

Foto: Ilustrasi Unsplash


Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler