Trik Sederhana Bujuk Anak Mau Pakai Masker

Bandung - TemanBaik tahu kan jika di musim hujan ada beberapa penyakit yang rawan menjangkitimu, termasuk si kecil? Beberapa penyakit yang rawan itu di antaranya flu, batuk, dan pilek.

Penyakit-penyakit ini sangat berpotensi menular melalui udara. Karena itu, penggunaan masker sangat penting sebagai langkah preventif terhindari dari penyakit menular melalui udara.

Bagi para orang tua, mungkin hal mudah untuk memakai masker, apalagi jika diiringi kesadaran untuk antisipasi. Tapi, bagi anak-anak, hal ini mungkin sulit.


                                                                            Foto: Oris Riswan Budiana/beritabaik.id
Menurut dokter spesialis anak Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung Anggraeni Alam mengatakan memang sulit membuat anak mau memakai masker. Tapi, jika mereka diberi pemahaman secara perlahan dan konsisten, mereka juga akan mau kok menggunakan masker.

"Membuat anak memakai (masker) sulit jika mereka belum diedukasi. Jadi, mereka perlu diedukasi pentingnya menutup mulut dan hidung menggunakan masker," kata Anggraeni.

Baca Ini Juga Yuk: Sering Disepelekan, Ini Pentingnya Mengecek Gula Darah

Karena itu, berikan penjelasan dengan bahasa yang mudah dimengerti oleh mereka. Beri tahu bahayanya jika tak memakai masker, terutama saat berada di keramaian. Jika masih sulit, bujuk dengan cara menyenangkan, misalnya memakai masker akan terlihat keren.

Jangan lupa beri tahu si kecil cara penggunaan masker yang baik dan benar. Yang terpenting, ingatkan juga si kecil agar jangan menyentuh bagian depan masker dengan tangannya. Maklum, namanya juga anak kecil, mungkin akan penasaran menyentuh masker yang dipasangkan padanya.

Lalu, bagaimana untuk bayi, apakah perlu menggunakan masker? Khusus untuk bayi tentu berbeda. Dibanding menggunakan masker, sebaiknya kamu mengurangi membawanya ke luar rumah, apalagi ke tempat yang banyak kerumunan orang.

Jika terpaksa ke luar rumah, usahakan jangan mudah memberikan anak untuk digendong atau bahkan dicium orang lain. Usahakan juga agar area wajah si kecil jangan disentuh menggunakan tangan.

Kalaupun ada orang yang ingin menyentuh bagian wajah si kecil, beri pemahaman kenapa kamu melarangnya. Intinya, bicara baik-baik deh agar orang itu enggak tersinggung.

"Kita kan enggak pernah tahu apakah orang itu dalam kondisi sehat atau tidak," ucap Angraeni.

Foto : Ilustrasi Unsplash


Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler