Keren! Ogoh-ogoh ini Dibuat dari Limbah Cangkang Telur

Denpasar - Menjelang Hari Raya Nyepi kalangan muda di Bali yang tergabung dalam Sekaa Teruna Teruni (STT) disibukkan dengan pembuatan ogoh-ogoh. Tren ogoh-ogoh berbahan ramah lingkungan mendorong para STT untuk berkreasi dan berinovasi membuat ogoh-ogoh yang unik.

Salah satunya pembutan ogoh-ogoh oleh STT Perabhu, Denpasar, Bali yang diberi nama 'Sang Bakasura'. Ogoh-ogoh yang mulai dibuat sejak Januari lalu ini menggunakan limbah cangkang telur sebagai salah satu bahannya. Limbah cangkang telur tersebut digunakan untuk melapisi bagian luar ogoh-ogoh.

Sang arsitek ogoh-ogoh, I Gusti Bagus Yudha Duarsa mengatakan, tahun sebelumnya mereka masih menggunakan styrofoam atau gabus dalam membuat ogoh-ogoh. Kali ini mereka melakukan revolusi total dengan menggunakan bahan-bahan yang ramah lingkungan.

"Kami mencoba menerapkan, bukan sekadar menggunakan bahan-bahan yang ramah terhadap lingkungan, tetapi juga menggunakan limbah yang sebenarnya cukup banyak di sekitaran Kota Denpasar," ujarnya, Selasa (3/3/2020) pada BeritaBaik.

Baca Ini Juga Yuk: Menggiurkannya Jadi Atlet Panahan

Untuk mendapatkan cangkang telur, para pemuda STT Perabhu mendatangi sejumlah pedagang martabak di lingkungan sekitar untuk memesan cangkang telur. Dan karena merupakan limbah yang tak terpakai, cangkang telur ini mereka peroleh secara gratis.

Selama dua minggu mereka berhasil mengumpulkan 20-an kilogram limbah cangkang telur. Selanjutnya limbah cangkang telur tersebut mereka jemur agar bagian dalam telur menjadi kering sehingga lebih mudah untuk ditempel dan tidak bau.

Selain menggunakan cangkang telur, mereka juga menggunakan sabut kelapa untuk membuat wajah karakter ogoh-ogoh. "Bahan-bahan ramah lingkungan ini tidak harus didapatkan dengan membeli. Sebenarnya ada banyak limbah di lingkungan sekitar yang tidak kita sadari,” tutupnya.

Foto: Ahmad Muzakky/beritabaik.id

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler