Agar Protein Tetap Terjaga, Jangan Bekukan Daging Berulang

TemanBaik, kulkas atau lemari es biasanya dijadikan tempat penyimpanan aneka jenis makanan kan? Termasuk salah satunya adalah daging. Daging jenis apapun, biasanya akan disimpan di freezer atau bagian bawahnya agar lebih tahan lama.

Saat akan dimasak, daging itu biasanya dikeluarkan agar tidak beku. Setelah itu, daging akan dipotong kemudian diolah agar bisa disajikan di meja makan. Tapi, jika ternyata daging yang ada terlalu banyak, sisa daging yang belum dimasak biasanya akan dimasukkan kembali ke lemari es.

Menurut Ketua Prodi Teknologi Pangan Fakultas Teknik Universitas Pasundan (Unpas) Yusep Ikrawan, menyimpan daging di lemari es memang cara yang tepat agar lebih awet. Tapi, setiap jenis daging memiliki masa simpan berbeda.

Untuk ikan misalnya, ia menyarankan tidak dibekukan lebih dari lima hari. Sedangkan daging merah seperti daging sapi bisa dibekukan hinga satu bulan.

"Daging itu memang boleh disimpan di lemari es, bahkan kalau di freezer bisa lebih lama. Tapi, setiap daging memiliki masa simpan yang berbeda," kata Yusep kepada BeritaBaik.id.

Baca Ini Juga Yuk: Jangan Takut, Donor Darah Aman di Tengah Isu Corona

Catatannya, daging sebaiknya tidak disimpan ulang di lemari es jika sudah 'dicairkan'. Sebab, ada berbagai kandungan protein yang justru akan hilang jika daging dibekukan ulang.

"Kalau sudah keluar dari lemari es, akan ada protein yang hilang (jika dibekukan ulang)," jelas Yusep.

Karena itu, ia menyarankan sebaiknya warga membeli daging dalam jumlah yang cukup untuk sekaligus dimasak. Sehingga, tak ada daging yang perlu dibekukan, apalagi dibekukan ulang.

Foto: Ilustrasi Unsplash
Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler