Searah Masa, Dekorasi Acara Spesial dengan Tarif Unik

Bandung - TemanBaik, pernahkah kamu datang ke acara pernikahan, lamaran, ulang tahun, gathering kantoran atau mungkin acara akikah? Apa kamu memperhatikan dekorasi yang ditampilkan dalam acara-acara yang kamu hadiri? Meningkatnya permintaan untuk membuat acara dengan dekorasi yang elok dipandang mata dan instagram-able bisa dilirik dengan jitu oleh Searah Masa dalam menciptakan produk kreatif yang punya nilai ekonomi.

Beritabaik.id punya kesempatan berbincang dengan Syavina Imaya, pemilik Searah Masa. Usaha Kecil Menengah yang dijalaninya bermula saat ia menjadi bagian dekorasi dalam kepanitiaan kerabat dekatnya. Meski demikian, sebelum memutuskan untuk berwirausaha dengan mendirikan Searah Masa, Syavina kerap ambil peran sebagai bagian dekorasi dalam beberapa acara semasa kuliah. Dari peran tersebut, ia memperoleh pengalaman yang banyak diaplikasikan di Searah Masa.

"Jadi awalnya itu kerabat dekat mau nikah, dan dia tinggal di daerah yang akses untuk vendor dekorasinya susah. Modal nekat dan iseng, eh, tapi kok bisa ternyata," ujarnya.

Setelah acara tersebut, ia tak lantas terpikir membuat vendor dekorasi event planner seperti sekarang. Ia hanya mengunggah hasil dekorasi buatannya di akun Instagram. Namun tak diduga, justru dari unggahan tersebut ia kerap diminta bantuan untuk menggarap dekorasi di beberapa acara pernikahan dan lamaran. Bahkan, ia mengaku pernah mendapat pesanan dari seseorang yang tak dikenal.


Berangkat dari pesanan-pesanan tersebutlah, Syavina kemudian mengarsipkan portfolionya bersama tim di sebuah akun Instagram @searahmasa. Menurutnya, dalam akun instagram tersebut, ia tak hanya menyajikan portfolio dekorasinya saja, melainkan juga beberapa souvenir dan kegiatan yang tampilan visualnya dikreasikan oleh Searah Masa.

"Karena bingung misah-misahinnya (konten) gimana, jadi disimpan di satu akun aja, biar pelanggan juga bisa liat semua (portfolio) di satu akun aja," katanya.

Lewat media promosi Instagram itulah, Searah Masa kerap dipercaya menjadi event planner dan bagian dekorasi di beberapa acara pernikahan, lamaran, hingga acara gathering kantoran di Bandung maupun luar Bandung. Beberapa konsep juga dilayaninya, mulai dari konsep dalam ruangan hingga luar ruangan.

Menariknya, tarif yang ditawarkan oleh Searah Masa adalah 'Made by Budget', alias disesuaikan dengan isi dompet pelanggan. Jadi, TemanBaik bisa mengonsultasikan lebih dulu keinginan dekorasi untuk acara yang hendak dibuat nantinya akan seperti apa, akan memakan budget berapa, dan mencari jalan tengah bila terjadi ketidak seimbangan antara keinginan dan biaya yang harus dikeluarkan.

Menurut Syavina, konsep tersebut berangkat dari permintaan salah satu orang yang baru ia kenal untuk menggarap sebuah acara, namun orang tersebut banyak berkonsultasi soal keperluan uang yang hendak dikeluarkan. Setelah menjajal konsep tersebut dan dirasa cocok dengan sirkulasi keuangan di tubuh vendor ini, akhirnya ia merasa konsep tarif ini perlu diteruskan.

Dari tarif yang berlaku, Syavina menyebutkan Searah Masa tak pernah kehilangan pelanggan tiap bulannya. Ia juga menambahkan, untuk pendapatan ekstra biasanya mereka dapatkan dari penyewaan alat-alat kecil seperti backdrop, bunga atau properti jenis lainnya. Jadi, bila kamu hendak mendekor sendiri acaramu, namun memerlukan properti tambahan, kamu bisa juga membeli atau menyewa properti tersebut di Searah Masa.

Sampai sekarang, Syavina dibantu oleh suaminya dalam menjalankan usaha ini. Ia juga mempekerjakan beberapa pekerja lepas (freelance) saat eksekusi di hari H acara. Beberapa kerabat dekat direkrutnya menjadi administrator akun media sosial dan surveyor ke lokasi acara. Singkatnya, tim dari Searah Masa  akan bergantung pada jenis acara yang akan digarap.

"Kalau acara-acara rumahan yang kecil sih, saya berdua dengan suami juga cukup. Tapi kalau memang acaranya besar, kita biasanya ajak temen-temen deket untuk jadi freelance, bantu-bantuin kita," terangnya.

Baca Ini Juga Yuk: Yuk! Kenali 4 Jenis Asuransi yang Harus Kita Miliki

Menarik dan Menantang
Menjadi vendor dekorasi di acara-acara special merupakan hal yang menarik dan menantang bagi Syavina. Terlebih dalam situasi pandemi global yang tak memungkinkan untuk menggelar acara besar, ia dan timnya harus memikirkan bagaimana kelangsungan dan aktivasi Searah Masa. Namun, hal tersebut juga menjadi sesuatu yang ia syukuri, bisa rehat sejenak sembari memikirkan inovasi yang akan disajikan selepas masa pandemi berakhir.

Di sisi lain, ia merasa Usaha Kecil Menengah yang dijalaninya adalah sesuatu yang menarik, karena pelanggan yang dihadapinya punya sifat dan karakter yang beragam. Namun, lagi-lagi hal tersebut menjadi sesuatu yang ia syukuri sebab ia beroleh pengalaman yang banyak dari satu pelanggan ke pelanggan lain.

Tantangan yang harus dihadapi dalam situasi seperti ini menurutnya adalah terus mempertahankan kreativitas dan menambah inovasi agar bisa terus bertahan dan menyajikan produk-produk yang disenangi oleh pelanggan.

"Intinya, kita mau ngajak temen-temen yang ngerasa minder, mau bikin acara tapi takut budget dekorasinya mahal, enggak selalu gitu kok. Kita bisa konsultasiin dan saling membantu," tutupnya.

Sebagai informasi tambahan, ada kebiasaan baik yang dilakukan oleh Searah Masa, yakni memotong sebagian dari penghasilannya untuk dibagikan kepada pihak-pihak yang membutuhkan. Wah, menarik juga.

Nah, bagaimana TemanBaik? Adakah diantara kamu yang hendak menggelar acara spesial dalam waktu dekat?

Foto: dok. Searah Masa

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler