Unpad Buka Konsultasi Kejiwaan Gratis Terkait Kasus Covid-19

Bandung - TemanBaik, kamu merasakan cemas, gelisah, atau seputar permasalahan kejiwaan lainnya? Terlebih dalam kondisi pandemi seperti sekarang ini. Jika kamu merasakannya, kamu bisa berkonsultasi secara daring atau online untuk mengatasinya. Bagaimana caranya? Simak ulasannya yuk!

Layanan konsultasi ini dilakukan lembaga di bawah Fakultas Psikologi, yaitu Pusat Inovasi Psikologi (PIP) Universitas Padjadjaran (Unpad). Layanan ini sengaja diluncurkan untuk melayani masyarakat umum yang terdampak secara kejiwaan dalam menghadapi wabah virus corona ini dan berjalan sejak Senin (13/4/2020). Untuk memanfaatkan layanan ini, kamu enggak perlu mengeluarkan uang alias gratis, khusus untuk kasus terkait covid-19, ya. Untuk permasalahan dan konsultasi psikologi  yang umum, seperti konsultasi akademik, atau keluarga misalnya, tetap dikenakan tarif.

Untuk mengakses layanan ini, pertama kamu harus mengunduh aplikasi Google Hangout melalui gawai. Aplikasi ini juga gratis kok, jadi kamu tinggal bermodal kuota atau jaringan wifi untuk mengunduhnya.

Setelah aplikasi Google Hangout ada di gawai, kamu tinggal menghubungi admin melalui melalui chat Whatsapp ke nomor 0811-2074-388. Kirimkan alamat email kamu. Setelah itu, kamu akan mendapatkan formulir pendaftaran melalui email atau surat elektronik yang harus diisi. Selanjutnya, setelah formulir diisi dan dikirim ulang, kamu tinggal menunggu jadwal konsultasi.

Di waktu yang sudah ditentukan, kamu tinggal menggunakan Google Hangout untuk berkonsultasi seputar masalah kesehatan jiwa dengan para ahli dari Fakultas Psikologi Unpad. Untuk pendaftarannya dilakukan setiap hari dari pukul 08.30-16.00 WIB. Sedangkan jadwal konsultasi ada setiap hari pukul 09.00-15.30 WIB.

Layanan konsultasi kejiwaan gratis ini diharapkan jadi solusi di tengah pandemi virus corona atau COVID-19. Sebab, selama masa pandemi ini, masyarakat dapat mengalami ketidakseimbangan psikologis. Itu karena banyak hal yang harus berubah, contohnya kini orang lebih banyak menghabiskan waktu dan melakukan kegiatan di rumah.



Baca Ini Juga Yuk:  Jangan Sembarangan! Begini Cara Kelola Limbah Infeksius

"Terlebih lagi dengan adanya banyak kabar buruk dan rumor yang serba tidak pasti kebenarannya, mengakibatkan kegalauan dan kegelisahan semakin menggangu serta berujung kepada keputusasaan dan stres," kata Kepala Kantor Komunikasi Publik Unpad Dandi Supriadi, Selasa (14/4/2020).

Stres, kegelisahan, dan berbagai masalah kejiwaan lainnya tentu harus diatasi. Sebab, jika dibiarkan, hal ini akan berdampak buruk bagi seseorang yang mengalaminya. Bahkan, hal ini bisa memicu turunnya imunitas sehingga mudah terserang penyakit.

"Kondisi kejiwaan seperti ini memerlukan penanganan segera. Orang yang mulai tergangu dengan kegelisahan seperti ini harus didampingi dan dibimbing oleh ahli yang mengerti. Sehingga tidak berakhir pada kondisi yang lebih parah melebihi masalah akibat virus corona itu sendiri," jelasnya.

Karena itulah layanan ini akhirnya diberikan Unpad. Sehingga, Unpad diharapkan bisa memberi kontribusi nyata bagi masyarakat di tengah pandemi virus corona. Konsultasi pun sengaja dibuat dengan konsep daring agar orang yang akan menggunakannya bisa tetap berada di rumah.

"Dengan menggunakan aplikasi Hangout, layanan ini diharapkan dapat dengan segera mencapai masyarakat yang membutuhkan pembimbingan psikologis secepat mungkin tanpa harus meninggalkan rumah," tutur Dandi.

Secara umum, layanan konsultasi ini bisa digunakan siapapun. Bahkan, mereka yang terpapar virus corona juga bisa ikut memanfaatkannya. Sehingga, beban psikologis mereka diharapkan berkurang dan tak membuat yang terpapar virus corona dilanda masalah kejiwaan.

TemanBaik tertarik menggunakan layanan konsultasi gratis ini? Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi nomor 0811-2074-388 atau mengakses laman www.pipunpad.id.

Jangan ragu-ragu untuk berkonsultasi ya jika membutuhkannya, yang paling penting, singkirkan anggapan bahwa berkonsultasi dengan ahli kejiwaan berarti mengalami gangguan jiwa atau orang awam menyebutnya gila. Masalah kejiwaan adalah hal wajar dialami seseorang. Tapi, hal itu harus diatasi agar tak berdampak lebih buruk.

Foto: Ilustrasi Unsplash

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler