Sehat dengan Minum Teh di Bulan Ramadan

Bandung - TemanBaik, terutama bagi kamu yang beragama Islam, lancar puasanya hari ini? Semoga lancar hingga berbuka nanti ya dan puasamu juga lancar dalam sebulan ke depan ya. Karena berhubungan dengan puasa, kita bahas salah satu minuman favorit saat berbuka yuk!

Minuman itu adalah teh manis. Penyajiannya pun beragam, ada yang lebih suka minum dalam bentuk es teh, juga ada yang gemar teh hangat atau panas. Kamu suka yang mana nih TemanBaik?

Tapi, mau kamu minum teh manis dalam bentuk panas atau dingin, sebenarnya khasiat dari teh akan tetap kamu dapatkan kok. Berbagai kandungan zat baik akan masuk ke dalam tubuh. Salah satunya, teh berfungsi sebagai antioksidan. Teh juga berfungsi untuk meningkatkan imunitas tubuh.

Minuman ini pun baik untuk sajian pembuka ketika azan magrib berkumandang saat Ramadan ini. Sebab, teh manis memberi kesegaran tersendiri dan tentunya memberikan tenaga. Teh manis juga akan membantu mengganti cairan tubuh yang hilang saat berpuasa.

"Berbuka puasa dengan teh manis itu secara estetika enak dan bisa mengembalikan energi," kata Direktur Pusat Penelitian Teh dan Kina Gambung Dadan Rohdiana kepada BeritaBaik.id.

Baca Ini Juga Yuk: Kineruku, Perpustakaan ala Rumah di Bandung

Tak hanya saat buka, konsumsi teh manis juga baik dilakukan saat sahur. Selain untuk mengisi tubuh dengan cairan sebagai bekal puasa, teh akan memberi manfaat untuk kebugaran tubuh.

Tapi, bagi kamu yang bermasalah dengan gula, sebaiknya bersikap bijak ya. Jangan banyak-banyak menambahi gula pada teh yang akan diminum. Jika bermsaalah dengan gula tapi ingin tetap minum teh manis, sebaiknya pakai gula rendah kalori ya.

Sedangkan untuk tehnya sendiri tentu menyehatkan. Sebab, teh tidak mengandung kalori. Sehingga akan baik bagi mereka yang bermasalah dengan gula atau penyakit lainnya.

"Bagi yang bermasalah dengan gula, sebaiknya jangan terlalu banyak (menambahkan gula ke dalam teh). Jika tetap ingin merasakan manfaat lebih dari teh, sebaiknya minum teh tawar," jelas Dadan.

Nah, TemanBaik, enggak perlu ragu-ragu deh jika kamu ngeteh saat Ramadan ini. Tapi, catatannya, perhatikan soal gulanya ya. Jika ingin lebih sehat, tentu lebih direkomendasikan teh tawar. Sebab, tahu sendiri kan dampaknya jika kebanyakan dan terlalu sering mengonsumsi gula? Yuk, budayakan minum teh selama Ramadan ini!

Foto: Ilustrasi Unsplash
Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler