Kenali Manfaat Puasa Bagi Fungsi Otak

Bandung - TemanBaik, khususnya kamu yang beragama Islam, saat ini sedang berpuasa kan? Selain karena kewajiban, puasa ternyata menyehatkan loh. Kepala Divisi Reumatologi Departemen Ilmu Penyakit Dalam RSHS Bandung Sumartini Dewi memberi penjelasan. Simak ulasannya yuk!

Menurutnya, puasa memiliki ragam khasiat. Puasa dapat mencegah banyak penyakit degeneratif atau tidak menular. Puasa juga menyehatkan jantung loh. Bahkan, puasa mengurangi beberapa faktor risiko lain seperti gula darah, mengurangi tekanan darah, hingga mengatasi resistensi insulin.

Manfaat berikutnya, puasa jadi salah satu cara tepat untuk menurunkan berat badan. Di saat yang sama, puasa juga dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh hingga meningkatkan usia harapan hidup.

"Puasa juga tidak hanya bagus untuk tubuh kita, namun juga baik untuk sel-sel otak," ujar Sumartini.

Berpuasa sendiri dapat merangsang pembentukan sel-sel otak lebih banyak lagi. Hal itulah yang membuat fungsi otak seseorang akan meningkat. Menurut Dr. Mark Mattson, profesor Neurologi di Universitas John Hopkins, puasa telah terbukti meningkatkan tingkat neurogenesis di otak.

"Neurogenesis adalah pertumbuhan dan perkembangan sel-sel otak dan jaringan saraf baru. Tingkat neurogenesis yang lebih tinggi dapat meningkatkan kinerja otak, memperbaiki sel-sel memori, memperbaiki mood atau suasana hati, dan meningkatkan kemampuan berkonsentrasi," jelas Sumartini.
Puasa juga meningkatkan produksi protein yang berperan penting bagi sel-sel otak seseorang, yaitu Brain-derived neurotrophic factor (BDNF). BDNF ini membantu menghasilkan sel-sel otak baru, melindungi sel-sel otak, menstimulasi koneksi dan sinapsis baru, meningkatkan memori, meningkatkan suasana hati, hingga kemampuan belajar.

"Peningkatan produksi BDNF juga telah terbukti melindungi sel-sel otak dari perubahan degeneratif yang terkait dengan kondisi seperti penyakit parkinson dan alzheimer," tutur Sumartini.

Di luar manfaat-manfaat di atas juga ada khasiat lain loh, mulai dari mengeluarkan racun di dalam tubuh hingga meningkatkan imunitas. Jadi, puasa sendiri memiliki ragam hal positif, mulai dari ibadah hingga khasiat untuk kesehatam. Jadi, tetap semangat dalam menjalankan ibadah puasa ya, TemanBaik!

Foto: Ilustrasi Unsplash
Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler