Hidup Tak Berubah Setelah Hadiri Seminar, Ini Penyebabnya

Bandung - TemanBaik, mungkin ada di antara kamu yang merasa tak ada perubahan dalam hidup setelah mengikuti seminar tentang motivasi. Ya, seminar ini bisa saja berisi tentang motivasi bisnis hingga kehidupan. Intinya, seminar ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas kehidupanmu.

Ada yang hidupnya berubah lebih baik setelah mengikuti seminar, termasuk membaca buku atau menonton film yang membangkitkan motivasi. Tapi, ada juga yang justru hidupnya tak berubah alias begitu-begitu saja.

Menurut motivatior Merry Riana, ada tiga hal yang harus dilakukan seseorang agar kehidupannya berubah setelah mendapat suntikan motivasi. Tiga hal itu saling terkait satu sama lain dan perlu dilakukan. Apa saja ya?

1. Partisipasi
Hal yang dimaksud partisipasi di sini adalah kemauan dan tekad untuk memaksimalkan waktu yang dimiliki. Sebab, jika tak punya kemauan dan tekad, seseorang belum tentu mau hadir dalam seminar, membaca buku, hingga menonton film tentang motivasi.

Kamu juga sebaiknya proaktif, terutama jika mengikuti seminar motivasi. Jangan pernah ragu bertanya jika memang kamu ingin mengetahui sesuatu lebih dalam dari materi seminar. Sehingga, pengetahuan dan motivasi yang dapat 'menggantung' karena pertanyaan hanya berkutat di pikiranmu sendiri.

Baca Ini Juga Yuk: Perlukah Orang Sehat Konsumsi Suplemen? Ini Penjelasannya

2. Pikiran yang Terbuka
Pikiran yang terbuka akan sangat menentukan seseorang bisa menerima materi atau motivasi. Berusalah berpikir bahwa apa yang akan disampaikan seorang motivator atau pemateri akan bermanfaat untukmu.

Jangan pesimis atau skeptis dulu ya. Sebab, sikap ini akan membuat pikiranmu menolak materi yang diberikan. Ujung-ujungnya, materi yang disampaikan akan sekadar numpang lewat tanpa diserap pikiran. Intinya, kamu harus benar-benar terbuka, serta siap menerima hal atau informasi baru.

"Pikiran harus terbuka, siap menerima hal baru," kata Merry.

3. Aksi
Action atau aksi tentu jadi hal penting di balik perubahan yang akan kamu dapatkan. Ya, memang langkah nyata setelah mendapatkan materi motivasi perlu waktu berbeda-beda. Ada yang sukses dengan cepat, ada juga yang harus gagal dulu berkali-kali sebelum sukses. Tapi, sikap tak mau menyerahmu akan jadi penentu keberhasilan.

"Setelah partisipasi dan open minded, (yang harus dilakukan) adalah action. Action itu yang paling penting karena itulah yang akan membedakan kenapa ada orang yang hidupnya berubah setelah dia mendapatkan masukan-masukan atau materi, kenapa ada orang yang datang ke seminar habis itu hidupnya berubah total, kenapa ada yang datang ke seminar habis itu biasa aja enggak ada perubahan," ujar Merry.

Karena itu, Merry kerap memberikan penjelasan kepada para peserta seminarnya. Semua yang disampaikannya sangat disarankan untuk dilakukan. Sebab, jika hanya sekadar mendengar materi tanpa aksi, ya sama aja bohong. Ia bahkan menyebut hanya mendengar atau mencatat materinya justru tak akan berguna jika tak diakhiri dengan aksi.

Nah, TemanBaik, sudah tahu kan kunci yang akan membuat hidupmu berubah setelah menghadiri seminar? Tetap semangat ya untuk hadirdi seminar-seminar yang akan bermanfaat.  


Foto: Ilustrasi Unsplash/Marcos Luiz


Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler