Menunggu Waktu Berbuka dengan 'Festival Teh Ngabuburit Online'

Bandung - TemanBaik, saat ini kamu mungkin cukup jenuh dengan aktivitas yang lebih banyak dilakukan di rumah. Apalagi bagi kamu umat muslim, selama puasa ini kejenuhan semakin terasa. Sebab, kamu enggak bisa ngabuburit alias melakukan kegiatan di luar rumah untuk menunggu waktu berbuka puasa.

Sekelompok anak muda pecinta teh bernama Acteavist Indonesia punya cara tersendiri untuk menyiasati hal itu. Mereka akan menggelar Festival Teh Ngabuburit Online (daring) pada 4-9 Mei 2020 ini.

Ini jadi acara unik tersendiri di tengah kejenuhan orang-orang dalam masa pandemi virus corona. Hadinya acara ini diharapkan dapat melepaskan penat, terutama pecinta teh, di tengah #stayathome atau #DiRumahAja. Kegiatan ini juga jadi sarana untuk memberi edukasi seputar teh.

"Saat ini teh Indonesia sedang naik daun, apalagi di kalangan milenial, peminatnya sudah banyak. Sayangnya, saat pandemi corona seperti ini, event-event edukasi teh pun ditunda," ujar Cakra Virajati, penggagas kegiatan.

"Untuk itulah kami menggagas event ini agar pecinta teh Indonesia tidak bosan di rumah, tapi bisa juga mendapatkan edukasi tentang the sembari menunggu saat berbuka," katanya.

Festival Teh Ngabuburit Online ini mengangkat tema 'Sisi Lain Camelia Sinensis'. Setiap harinya, para pakar teh akan menjadi pembicara.

"Tema tersebut kami angkat karena kami ingin masyarakat dan pecinta the Indonesia tahu kondisi industri the Indonesia seperti apa, bagaimana kondisi pemetik teh di kebun, bagaimana budaya asli minum teh Indonesia, perspektif media, promosi teh Indonesia hingga menjual teh Indonesia melalui marketplace," jelas Cakra.


                                                                                                            Foto: dok. Acteavist Indonesia 

Baca Ini Juga Yuk: Ini Cara Menjaga Kebugaran Saat Iktikaf

Cara Menyaksikan dan Jadwalnya
Namanya juga 'ngabuburit online', pasti kamu enggak perlu jauh-jauh datang ke lokasi acara kok TemanBaik. Cukup dengan diam di rumah, mengandalkan gawai dan koneksi internet, kamu bisa menyaksikan acara ini.

Follow akun Instagram @acteavist. Pantengin deh live IG akun tersebut mulai pukul 15.40 WIB hingga jelang berbuka puasa. Ada dua sesi kegiatan setiap harinya selama pelaksanaan Festival The Ngabuburit Online.

Sesi pertama adalah sesi MIX IT UP. Dalam sesi ini akan ada demo pembuatan minuman kreasi berbahan dasar teh dari para profesional mixologist dan pemilik kedai teh di Indonesia. Catat, jadwal sesi ini adalah mulai pukul 15.40 WIB.

Sesi kedua adalah TEATALK. Ini adalah sesi talkshow atau bincang-bincang daring para pakar teh. Sesi ini akan dibuka pukul 16.00 WIB dan menghadirkan sosok-sosok kredibel di dunia teh Indonesia.

Mereka adalah Ratna Somantri (pendiri Indonesia Tea Institute), Michael Christiawan (pendiri Purematcha_id), Feri Kurnia (petani teh Cianjur), Dasep Badru (budayawan Garut), Hilmi Faiq (jurnalis), dan Muthia Syafika Haq (peneliti teh PPTK Gamboeng).

Nah, selain unsur edukasi yang kental, dalam kegiatan itu juga ada hal menarik lain, yaitu kuis berhadiah di setiap sesinya. Dan ingat, festival ini enggak dipungut biaya. Kamu cukup melihat live IG @acteavist aja kok.

Cakra pun berharap hadirnya festival teh daring pertama di Indonesia itu memberi manfaat positif terhadap perkembangan dunia teh, terutama teh Indonesia. Sehingga, teh akan semakin dicintai dan lebih banyak dikonsumsi lagi oleh masyarakat Indonesia.

"Harapan kami, dengan adanya festival teh daring ini, teh Indonesia semakin dikenal masyarakat luas. Pada akhirnya, ketika di masyarakat sudah mendapatkan edukasi yang baik, mereka akan lebih jatuh cinta pada seduhan daun camelia sinensis (daun teh) asli Indonesia," tuturnya.

"Otomatis nantinya permintaan teh kepada produsen teh akan meningkat, lebih jauh lagi, petani teh Indonesia akan meningkat kesejahteraannya," pungkas Cakra.

TemanBaik, siap-siap yuk mulai Senin (4/5/2020) nanti menyaksikan Festival Teh Ngabuburit Online. Daripada kamu keluyuran di luar rumah di masa pandemi corona, mending diam di rumah aja dan melakukan hal positif.

Foto: Ilustrasi Unsplash/Allison Christine

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler