Begini Tips Tugas Akhir Kuliah Agar Cepat Selesai

Bandung - TemanBaik, ada yang sedang berusaha menyelesaikan tugas akhir di kampusnya? Ingin tugas akhirmu segera selesai? Simak tipsnya, yuk! Ini juga bisa jadi bekal bagi kamu yang belum menatap tugas akhir.

Bagi mahasiswa, menyelesaikan tugas akhir tentu jadi salah satu syarat agar bisa segera lulus. Namun, tak semua bisa menyelesaikan tugas akhirnya dengan mudah.

Ada beberapa hal yang justru biasanya mengalami kendala dalam menyusun tugas akhir, misalnya kesulitan mengidentifikasi permasalahan, mengolah kondisi realitas lapangan, analisa dan teori, hingga umpan balik dari dosen pembimbing.

Selain rajin dan disiplin dalam mengerjakannya. Ada satu hal penting yang disarankan untuk dilakukan agar tugas akhir bisa selesai cepat sesuai jadwal.

Baca Ini Juga Yuk: Skala Prioritas, Pelajaran Penting di Tengah Pandemi

Tipsnya adalah membuat kesepakatan antara mahasiswa dan dosen pembimbing. Hal yang paling utama, tentukan jadwal bimbingan agar satu sama lain bisa mengalokasikan waktu.

"Dosen dan mahasiswa bisa mempersiapkan form kesepakatan yang ditandatangani bersama yang berisi mengenai pembahasan setiap pertemuan, sehingga sudah tahu apa yang akan dibahas nanti di pertemuan berikutnya," kata dosen psikologi Universitas Padjadjaran Indun Lestari Setyono.

Dengan cara seperti ini, baik mahasiswa maupun dosen pembimbing juga memiliki waktu dan pembahasan terjadwal. Sehingga, saat pertemuam bimbingan, semuanya lebih terencana, efektif waktu, serta tentunya tugas akhir bisa selesai lebih cepat.

Di sisi lain, dosen pembimbing juga diharapkan memahami kompetensi setiap mahasiswa yang melakukan bimbingan dengannya. Sebab, setiap individu mahasiswa memiliki kemampuan hinga pola pikir yang berbeda.

Foto: Ilustrasi Unsplash/@goodfreephotos
Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler