Ini Manfaat Mengikuti Kegiatan PMR di Sekolah

Bandung - TemanBaik, tentu tahu kan ekstrakurikuler Palang Merah Remaja (PMR)? Ya, ekstrakurikuler ini ada di sekolah dan merupakan binaan Palang Merah Indonesia (PMI). Ikut atau bergabung dengan PMR tentu memiliki manfaat. Itu kenapa ekstrakurikuler ini ada di sekolah. Lalu, apa sih manfaatnya? Jika belum tahu, simak ulasannya yuk!

Menurut Kepala Markas PMI Kota Bandung Anto Sumardianto, membina PMR memang jadi salah satu tugas PMI. Tujuannya untuk mencetak generasi muda yang andal.

Ada dua manfaat utama yang didapat mereka saat menjadi anggota PMR. Paling utama adalah mereka bakal diajarkan bagaimana memberi pertolongan pertama pada orang lain dan tentunya pertolongan pada diri sendiri.

Di PMR, kamu akan diajarkan berbagai teknik pertolongan pertama. Sehingga, ketika terjadi sesuatu padamu atau orang di sekitarmu, kamu bisa jadi penolong pertama. Setelah itu, baru penanganan lanjutan dilakukan pusat layanan kesehatan seperti klinik, puskesmas, atau rumah sakit.

                                                                                                                 
Foto: Oris Riswan Budiana/beritabaik.id

Dengan pertolongan pertama ini, kamu bisa mengurangi potensi orang sakit, korban kecelakaan, hingga korban bencana bertambah parah sakitnya. Sehingga, bantuanmu akan sangat menolong kesembuhan mereka.

Namun, memberi pertolongan pertama tak bisa sembarangan. Sebab, pertolongan pertama bisa saja salah dan justru memperburuk kondisi seseorang. Karena itu, melalui PMR, kamu akan tahu berbagai teknik pertolongan pertama yang tepat.

"Manfaat lain dari menjadi PMR adalah melatih kepemimpinan," kata Anto kepada BeritaBaik.id.

Melatih kepepimpinan menjadi salah satu materi yang ada di PMR. Di sana, kamu akan diajarkan bagaimana cara berorganisasi dan menjalankannya. Sehingga, sejak dini kamu akan terlatih untuk berorganisasi yang akan bermanfaat saat kamu dewasa kelak.

Sebab, saat memasuki dunia kerja, kemampuan berorganisasi biasanya sangat dibutuhkan. Di sebuah perusahaan, kamu dituntut untuk bisa berkomunikasi, berkoordinasi, hingga berbagi tugas pekerjaan. Jika kemampuan ini terlatih sejak dini, saat bekerja nanti kamu tak perlu adaptasi lama.

Kemampuan berorganisasi dan kepemimpinan juga akan bermanfaat dalam berbagai aspek kehidupanmu. Saat kamu menjalankan usaha hingga membangun keluarga.

Karena itu, menjadi anggota PMR direkomendasikan bagi generasi muda. Apalagi, di dalamnya juga terdapat pembentukkan mental. Kamu juga akan mendapat teman-teman baru dan berbagai pengalaman menarik.

"Menjadi PMR ini akan melatih kebiasaan generasi muda untuk jadi pemimpin sejak dini. Minimal, mereka nantinya bisa memberi pertolongan pertama pada diri sendiri dan keluarga," jelas Anto.

Foto: dok. pmi.or.id


Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler