Lakukan Hal Ini Saat Kamu Alami Sulit Tidur

Bandung - TemanBaik, pernah enggak kamu merasakan sulit saat akan tidur? Salah satunya karena isi pikiranmu memikirkan berbagai hal. Apalagi saat kamu merasakan cemas, stres, marah, atau berbagai perasaan negatif lainnya.

Dalam kondisi seperti di atas, ada orang yang akhirnya akan sulit untuk tidur. Alih-alih tidur nyenyak, akhirnya justru kamu terjaga berjam-jam dengan posisi terbaring di tempat tidur ditambah isi pikiran ke mana-mana.

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan. Pertama, pastikan tempat tidurmu nyaman ya. Bersihkan kasur dan tempatkan bantal, guling, selimut, atau benda lain di tempat tidur dalam posisi yang bisa bikin kamu nyaman.

"Kita pastikan dulu tempat tidur yang akan digunakan itu nyaman, bersih," ucap psikolog klinis Klinik Kebidanan Harkel Bandung Erwin Fazrin kepada BeritaBaik.id.

Baca Ini Juga Yuk: Pentingnya Nutrisi Bagi Pikiran & Jiwa untuk Tingkatkan Imunitas

Setelah itu, carilah posisi nyaman untuk tidur. Posisikan bantal dan benda lain yang digunakan untuk tidur membuatmu nyaman. Sebab, posisi enggak nyaman saat akan tidur bisa membuatmu kesulitan tidur.

"Bisa jadi (sulit tidur) karena posisi tidur (kurang nyaman). Bisa jadi misalnya karena ada sesuatu yang mengganjal pada bantal, itu juga bisa ngaruh," jelas Erwin.

Berikutnya, cobalah untuk serileks mungkin saat akan tidur. Berusahalah memusatkan perhatian untuk tidur dan atur pernapasan senyaman mungkin. Lupakan berbagai pikiran yang ada di kepala, apalagi masalah. 

Jika setelah itu kamu masih sulit untuk tidur, ada teknik lain yang bisa digunakan, yaitu grounding technique atau teknik menyentuh. Caranya dengan merasakan benda yang kamu sentuh di sekitarmu selama beberapa menit.

Cara ini bisa dilakukan sebelum kamu beranjak ke tempat tidur atau setelah posisi tidur di kasur. Pegang benda-benda yang ada, misalnya selimut, kasur, bagian ranjang, boneka, hingga bagian belakang gawai dengan permukaan kasar. Pokoknya, apapun deh yang ada di dekatmu.

Sentuh dan rasakan setiap permukaannya dan pusatkan perhatian padanya. Dengan cara ini, perasaan negatif seperti pikiran yang mengawang ke mana-mana, marah, sedih, hingga gelisah biasanya akan berkurang serta membuatmu rileks. Setelah rileks, biasanya kamu akan lebih mudah untuk tidur.

"Cobain aja dulu grounding technique, ini jadi metode pengalihan (pikiran dan perasaan)," ucap Erwin.

Jika setelah melakukan hal di atas kamu masih kesulitan juga untuk tidur, baru deh lakukan hal lain, misalnya berkonsultasi ke ahli kesehatan. Sebab, bisa jadi masalah sulit tidur ini disebabkan faktor lain.

Sudah tahu kan cara mengatasi sulit tidur, TemanBaik? Semoga nanti malam kamu lebih mudah tidur dan tentunya nyenyak ya.

Foto: Ilustrasi Unsplash/Gregory Pappas
Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler