Podcast, Pilihan Hiburan Menarik di Era Pandemi

Bandung - Teman Baik, sudah mulai bosan selama pandemi ini? Meski sedang dalam masa transisi dari sistem Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) ke Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB), pasti masih banyak TemanBaik yang masih di rumah aja.

Bekerja dari rumah dan belajar dari rumah saja tentu bisa membuat kita bosan. Biasanya pergi ke luar untuk sekadar mencari suasana baru itu perlu, tapi dengan kondisi seperti ini, masih banyak aktivitas dibatasi. Lalu hiburan apa sih yang bisa TemanBaik jadikan teman selama di rumah aja?

Pilihannya tentu beragam. Mulai dari menonton televisi dan YouTube, hingga mencoba hal-hal baru yang sebelumnya tidak bisa dilakukan karena sibuk. Kegiatan-kegiatan ini lah yang dapat mengisi waktu kita ketika masih di rumah aja.

Berkegiatan tentu melelahkan, namun hal ini bisa diakali lewat hiburan yang tak perlu ditonton, tapi cukup didengar saja. Ya, mungkin pilihan pertama yang muncul di pikiran adalah mendengarkan musik. Tapi, saat ini sedang booming salah satu bentuk hiburan baru dalam fotmat audio, yaitu siniar atau lebih dikenal dengan podcast.

Podcast ini berisi obrolan dengan durasi setengah jam sampai satu jam, yang berisikan topik yang menarik dan spesifik. Misalkan, di musik kita mengenal genre untuk membedakan musik mana yang kita lebih sukai. Kalau di podcast, topik obrolannya bisa TemanBaik pilih sesuai keinginan. Mulai dari olahraga, horor, perempuan, komedi, hingga obrolan ngalor ngidul ada di podcast.

Selain topik yang bisa dipilih, TemanBaik mungkin lebih senang mendengar obrolan dari artis, penyiar radio, atau public figure yang sudah dikenal. Ternyata, banyak loh dari mereka yang sudah terjun ke dunia podcast dan menjadi seorang podcaster.

Baca Ini Juga Yuk: Randhika Djamil, Podcaster yang Kecanduan Bikin Konten Audio

Sebut saja ada 'Podcast Kesehatan Masyarakat' yang digawangi oleh Surya Insomnia, Imam Darto, Ananda Omesh, dan Angga Nggok. Ada juga 'Podcast Ancur' yang berisikan gabungan dari penyiar radio dan juga stand up comedian, Patra Gumala, Kemal Palevi, Diaz Danar, dan juga Randhika Djamil.

Platform-nya pun sudah banyak tersedia, TemanBaik bisa dengar di berbagai layanan streaming seperti Spotify, Anchor, Google Podcast, Apple Podcastdan jugaSoundcloudBahkan di Indonesia, sudah ada platformnya tersendiri yaitu NOICE. Lewat aplikasi yang dapat diunduh, NOICEmengumpulkan podcaster dan podcast di bawah naungan mereka, yaitu PT. Mahaka Radio Digital.

Di sini podcast yang dihadirkan juga beragam. Ada Soleh Solihun dengan konten wawancara 'Soleh Solihun Interview', ada Awwe dan Randhika Djamil dengan konten musik dan komedinya di 'Berizik', bahkan ada Risa Sarawasti dengan 'Risa Saraswati: The Podcast' yang isinya cerita-cerita horor.

Beritabaik.id mewawancarai Randhika Djamil sebagai salah satu podcaster dari platform NOICEini. Dhika mengiyakan bahwa di tengah pandemi seperti ini, konten podcast sedang naik daun. Dengan durasi yang cukup lama dan bisa didengarkan karena bentuknya hanya audio saja, orang lebih tertarik mendengarkannya ketika masa-masa di rumah aja seperti sekarang.

Hal ini dirasakan sendiri oleh Dhika di podcast-nya sendiri yaitu 'Berizik'. Jumlah dari angka putar dan angka view podcast ini naik pesat selama masa pandemi.

"Sudah tentu naik, sampe 200 persen loh. Karena waktu pandemi ini, malah orang sampai nagih. Si 'Berizik' tuh tayang hari Rabu sama Jumat kan, Rabu jam 8 pagi, udah ada yang nge-dm gua. 'Kang kok belum tayang sih Berizik?' Baru jam 8 pagi padahal. Jadi, mereka beneran aduh nyari apa ya, gitu," terang Dhika

Jadi, kalau TemanBaik sudah mulai bosan dengerin musik, kenapa enggak coba dengerin podcast? Mau lebih suka topiknya atau podcaster-nya tinggal bebas dipilih kok!

Foto: Ilustrasi Unsplash/NeonBrand

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler