Sesak Pakai Masker? Begini Cara & Waktu yang Tepat Melepaskannya

Bandung - TemanBaik, penggunaan masker saat ini menjadi hal utama yang perlu dilakukan demi meminimalisir penularan COVID-19. Namun, diakui penggunaan masker bisa membuat seseorang merasa sesak, apalagi jika digunakan berjam-jam.

Karena itu, sesekali masker juga perlu dilepas agar kamu bisa menghirup udara segar. Lalu, kapan waktu yang tepat membuka masker? Tentu tak sembarangan waktu kamu disarankan membuka masker. Simak ulasannya, yuk!

Kadinkes Kota Bandung Rita Verita mengatakan masker sangat disarankan dipakai saat seseorang berada di ruangan maupun tempat terbuka yang terdapat orang lain, apalagi dalam kerumunan. Sebab, potensi penularan COVID-19 sangat terbuka jika kamu berada bersama orang lain.

"Memang sesak, tapi namanya adaptasi kebiasaan baru (AKB) tentu kita harus membiasakan diri menggunakannya," kata Rita kepada BeritaBaik.id.



Namun, meski dirasa sesak, penggunaan masker saat ini jadi senjata utama untuk menghindari penularan COVID-19. Prinsipnya, lebih baik agak sesak bernapas ketimbang kamu memberi celah tertular COVID-19.

Untuk meminimalisir sesak karena terlalu lama menggunakan masker, sesekali memang perlu dibuka. Lepaskan masker beberapa jam sekali atau saat dirasa kamu enggak nyaman bernapas. Namun, perlu diingat, lakukan ini hanya pada saat kamu jauh dari orang lain, terutama kerumunan.

Baca Ini Juga Yuk: Begini Cara Tepat Memakai Pelindung Wajah untuk Hindari COVID-19

Misalnya, kamu bisa melepas masker saat masuk ke ruang kerja yang di dalamnya hanya terdapat kamu saja. Jika ada orang lain masuk ke ruangan, kenakan kembali maskernya ya.

Berikutnya, saat tepat membuka masker tentunya ketika makan. Sebab, enggak mungkin kan kamu makan sambil menggunakan masker? Meski begitu, ada triknya untuk membuka masker. Pastikan kamu berjarak antara 1-2 meter dengan orang lain ya saat makan.

Jika kamu berolahraga, tetap gunakan masker juga ya. Buka masker hanya saat kondisi sekitar dirasa aman. Misalnya saat bersepeda kamu merasa sulit bernapas, cari dulu deh tempat yang jauh dari orang lain. Buka masker, setelah itu hirup udara segar. Usai dirasa napas kamu kembali nyaman, baru kenakan kembali masker dan melanjutkan bersepeda.

"Biasanya kalau sedang olahraga itu butuh tenaga lebih kuat, butuh mengatur napas lebih cepat. Harus bisa menilai diri sendiri, kalau merasa enggak enak bisa berhenti dulu, menjauh dari kerumunan (jika ingin membuka masker)," jelas Rita.

Ia pun mengingatkan bahwa penggunaan masker tak bisa ditawar-tawar lagi. Mau enggak mau, masker ini perlu kamu pakai jika kamu sayang pada diri sendiri dan peduli pada orang lain.

Sehingga, ia mengajak publik untuk tetap disiplin menggunakan masker. Sebab, saat ini masih ada saja orang yang tak disiplin menggunakannya. Bahkan, ada juga yang bermasker tapi salah dalam penggunaannya, misalnya masker ditempatkan di dagu, sedangkan area mulut dan hidung dibiarkan terbuka.

Hal ini biasaya dilakukan orang karena merasa sesak atau bahkan bosan menggunakan masker. Padahal, sikap seperti itu justru membahayakan diri kamu sendiri dan orang lain. Jadi, tetap disiplin ya TemanBaik dalam menggunakan masker.

"Mau bagaimana lagi? Kondisinya kan seperti ini (masih pandermi). Lama-lama juga akan terbiasa (menggunakan masker)," tutur Rita.

Cara Tepat Melepas Masker
Untuk melepas masker sendiri ada caranya loh, TemanBaik. Yang paling utama, jangan menyentuh bagian depan masker ya.

Jika ingin melepasnya, yang disentuh hanya bagian pengait ke telinga. Setelah itu, masukkan ke dalam plastik atau wadah lainnya jika ingin digunakan kembali. Misalnya saat akan makan, lepaskan masker dan masukkan ke dalam plastik dengan mengusahakan tanpa menyentuh bagian depannya. Setelah selesai makan, kamu bisa kembali menggunakan masker.

"Masker itu ketika dilepas harus ditutup rapi, bisa menggunakan apa saja, misalnya plastik atau tisu," ucap Rita.

Jika kamu ingin melepasnya karena merasa sesak bernapas, pastikan juga ya yang dipegang hanya bagian tali atau pengaitnya saja. Setelah bernapas kembali nyaman, langsung kenakan lagi maskernya ya.

Untuk lamanya penggunaan masker, pakai hanya maksimal 4 jam saja ya, terutama pada masker kain. Bahkan, jika masker dirasa sudah basah atau lembab, segera ganti ya. Karena itu, kamu disarankan membawa masker cadangan agar bisa menggantinya kapan saja.

Foto: Ilustrasi Unsplash/Michael Amadeus
Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler