Tak Selalu 4 Jam, Ini Waktunya Saat Harus Mengganti Masker

Bandung - TemanBaik, dalam era adaptasi kebiasaan baru, masker adalah Alat Pelindung Diri (APD) yang wajib untuk dipakai. Nah lalu, kapan sih kita harus mengganti masker yang digunakan untuk beraktivitas?

Berdasarkan penelitian dari berbagai sumber, durasi maksimal penggunaan masker medis adalah selama 4 jam. Akan tetapi, rupanya durasi tersebut bukan jadi patokan mutlak durasi masa pakai masker loh. Hal tersebut diungkapkan oleh Staf Divisi Infeksi dan Penyakit Tropis pada Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung, dr. Riyadi Sp(A), M.Kes. Menurutnya, kita tidak selalu harus menunggu waktu empat jam untuk mengganti masker yang kita gunakan.

"Empat jam itu patokan akhir, ya. Namun, apabila sebelum empat jam masker kita sudah terlihat basah, terlihat kotor, dan mulai terasa berat saat digunakan bernafas, segera ganti maskernya," tegas Riyadi.

Hal tersebut berkaca pada perbedaan kondisi seseorang. Menurut Riyadi, ada beberapa orang yang memiliki produksi keringat cukup banyak, sehingga lapisan masker menjadi basah dan cepat kotor.

Pada prinsipnya, penggantian masker perlu dilakukan apabila masker tersebut sudah tidak nyaman lagi dikenakan pada bagian tubuh kita. Sedangkan durasi 4 jam itu sendiri merupakan waktu maksimal filter yang ada pada bagian masker untuk mencegah masuknya virus ke bagian mulut dan hidung.

Baca Ini Juga Yuk: Pentingnya Menjalani Hubungan yang Sehat untuk Fisik dan Mental

Sementara itu di sisi lain Riyadi menyebut, durasi maksimal penggunaan masker yaitu 4 jam sebaiknya dijadikan patokan untuk seseorang beraktivitas di luar rumah. Dengan adanya durasi maksimal 4 jam tersebut, menurut Riyadi kita jangan sampai melakukan kegiatan di luar rumah yang melampaui durasi 4 jam tersebut.

"Sebagai pengingat untuk kita jaga diri juga. Jadi ya jangan bepergian lebih dari empat jam," terangnya.

Lebih lanjut lagi, Riyadi menyebut dalam meminimalisir penularan virus korona, penggunaan masker bukan satu-satunya cara. Ada pun cara pendukung lainnya adalah dengan mengurangi interaksi dengan banyak orang, atau bilaperlu lebih banyak berkegiatan dari rumah. Secara singkat, di samping penggunaan masker, ia menyebutkan kita perlu meningkatkan kewaspadaan terhadap tiga unsur yang meliputi ventilasi, durasi, dan jarak (VDJ).

"Hindari ruang publik atau transportasi dengan sirkulasi udara tertutup, usahakan durasi bertemu dan bercakap dengan orang lain berkisar 5 hingga 15 menit, serta jaga jarak fisik sejauh 2 meter," pungkasnya.

TemanBaik, selalu terapkan protokol kesehatan dalam menjalani rutinitas sehari-hari, ya. Sehat selalu!

Foto: Ilustrasi Unsplash/Anastasiia Chepinska

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler