Begini Sejarah Hari Persahabatan Internasional

Bandung - TemanBaik, tahu enggak jika setiap tanggal 30 Juli diperingati sebagai Hari Persahabatan Internasional loh! Hari Persahabatan Internasional ini diresmikan oleh Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB) pada 27 April 2011.

Perayaan Hari Persahabatan Internasional ini memang belum banyak diketahui dan belum sepopuler hari besar lainnya. Tetapi makna yang terkandung dibalik hari besar ini nyatanya cukup besar loh.

Dihimpun dari berbagai sumber, awalnya Hari Persahabatan Internasional ini dipromosikan oleh Joyce Clyde Hall, pendiri Hallmark Cards. Hallmark Cards sendiri adalah sebuah perusahaan produsen kartu ucapan terbesar di Amerika Serikat.

Karena produksi kartu ucapan biasanya ramai ketika adanya hari-hari besar, Hall berpikir bahwa harus ada hari-hari besar tambahan dan menciptakan momen untuk saling berkirim kartu ucapan antar teman dan sahabat.

Akhirnya, berawal dari ide bisnis dan strategi Hallmark Cards, PBB mulai mempertimbangkan 30 Juli sebagai Hari Persahabatan Internasional. PBB akhirnya meresmikan 30 Juli sebagai Hari Persahabatan Internasional dengan membawa visi dan misi yang sejalan dengan hari tersebut, yaitu 'Culture of Peace' atau Aksi Budaya untuk Perdamaian.

Baca Ini Juga Yuk: Ini Produksi Budaya Massa dalam Ranah Subkultur Bandung


PBB juga mempromosikan Aksi Budaya Perdamaian ini untuk kalangan anak-anak yang mungkin lebih mudah tertarik dengan perayaan hari-hari besar. Lewat Hari Persahabat Internasional, PBB mencoba untuk mempromosikan Aksi Budaya Perdamaian lewat pendidikan dan persahabatan. Tentu di usia anak-anak yang sedang mengenyam pelajaran di berbagai tingkat pendidikan, mereka akan mulai mengenal orang lain dan berkenalan satu sama lain hingga menjadi teman bahkan sahabat.

Hari Persahabatan Internasional memang sudah seharusnya diperingati. Pasalnya, sahabat memang menjadi salah satu dari sekian banyak orang-orang yang menemani kita di saat sedih, susah, maupun senang. Sahabat juga kerap menjadi bagian penting dalam perkembangan kehidupan kita.

Tapi jangan lupa TemanBaik, sahabat juga bisa melakukan kesalahan dan hanya manusia biasa. Sahabat juga terkadang bisa salah ketika berucap dan menyakiti hati TemanBaik, tapi komunikasikan terlebih dahulu agar persahabatan kamu tetap terjaga dengan baik. Jadi saling memaafkan dan saling menjaga perasaan kepada sahabat itu penting, ya.

Jadi, sudahkah TemanBaik mengucapkan Selamat Hari Persahabatan Internasional untuk teman dan sahabat di sekitar? Jangan lupa sertakan juga kartu ucapan, hasil karya buatan sendiri, atau bahkan makanan sebagai bentuk ucapannya, ya. Selamat Hari Persahabatan Internasional, TemanBaik!

Foto: Ilustrasi Unsplash/Aman Srivastava

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler