Percantik Rumah dengan Tanaman Hidup Ala 'Nanem Taneman'

Bandung - Kata siapa kalau mau bercocok tanam harus punya lahan luas di rumah agar bisa dijadikan taman? Enggak kok, TemanBaik. Kini kamu bisa memanfaatkan setiap ruang di rumahmu dengan menanam tanaman-tanaman cantik dan menggunakan pot. 

Seperti bercocok tanam ala Adawiyah Riwan melalui merek tanaman hidup yang dimilikinya sejak Februari 2017 dengan nama Nanem Taneman. 

Tiga tahun berjalan sejak kelahirannya, hingga saat ini Nanem Taneman berfokus pada tanaman sebagai penghias ruang, lanskap, taman vertikal, dan kebutuhan bercocok tanam untuk skala rumahan yang mana bisa memanfaatkan tempat minimalis.

Kepada Beritabaik.id, Adawiyah bercerita jika Nanem Taneman bermula dari hobi dan kecintaannya terhadap tanaman dan dekorasi ruangan. Lalu Adawiyah mencoba membagi hasil dekorasinya ke media sosial hingga Nanem Taneman terbentuk dan dikenal oleh banyak orang.

"Gak diniatkan untuk bisnis, murni karena hobi saja. Karena saya juga melihat banyak sekali manfaat dari memiliki tanaman," ujar Adawiyah. 


Saat ditanya mengenai inspirasinya dalam hal tanaman dan dekorasi ruang, Adawiyah mengaku terinspirasi dari saluran YouTube dan artikel dari luar negeri yang dibuat oleh orang-orang yang sudah lebih dulu menghias rumah dengan tanaman hidup.

Berawal dari membagi konten di media sosial, Adawiyah mengaku hal ini memberikan sisi positif dan juga negatif untuk Nanem Taneman. Sisi positif yang didapat adalah kemudahan untuk mempromosikan brand Nanem Taneman untuk khalayak yang lebih luas.

Baca Ini Juga Yuk: Begini Cara Bikin Buku Lawas 'Awet Muda' dengan Kapsulasi

Sedangkan sisi negatifnya adalah kemudahan akses pada media sosial membuat karya atau proyek yang dikerjakan Nanem Taneman ditiru banyak orang. Tapi justru hal inilah yang memotivasi Adawiyah untuk terus melahirkan inovasi baru. 

"Jadi mikir, buat ide apalagi nih? Tema baru apa lagi? Supaya aku dan Nanem Taneman bisa terus bertahan dan dicintai banyak orang," ujar Adawiyah. 

Bicara soal bercocok tanam di ruang tertutup, Adawiyah mengaku awalnya ketertarikannya ialah karena keinginan mendekor ulang kamar tidurnya. Saat itu Adawiyah ingin mendekor kamarnya dengan konsep minimalis. "Dalam pikiran saya, kok bisa ya orang taruh tanaman hidup di kamar tidur? Apa enggak seram dan bahaya?" tambahnya. 

Untuk menjawab pertanyaan dan keraguannya soal tanaman hidup dalam ruangan, Adawiyah terus mencari tahu. Rupanya, menaruh tanaman hidup dalam ruangan tidaklah berbahaya. Malah menciptakan estetika yang indah dan bisa membuat penghuninya merasa betah. 

Selain soal estetika, Adawiyah mengaku jika dirinya banyak menemukan penelitian yang menunjukkan bahwa tanaman hidup di dalam ruangan dapat membuat rileks, melatih kesabaran, dan juga baik untuk pembersih udara secara alami. 

"Melalui Nanem Taneman saya ingin semua rumah itu ada tanaman hidupnya. Karena memang memelihara dan merawat tanaman ada banyak sekali manfaatnya," ujar Adawiyah. 

Jika kita merawat tanaman hias, selain dapat membuat rileks sehingga kita lebih betah di rumah, tanaman tentu juga berfungsi sebagai dekorasi yang dapat mempercantik ruangan. Selain itu, TemanBaik juga bisa memilih untuk menanam sayuran yang hasil panennya nanti bisa dikonsumsi sendiri. Menyenangkan bukan?

Lalu, jenis tanaman apa ya yang cocok untuk kita simpan di ruangan tertutup? Dalam perbincangannya dengan Beritabaik.id, Adawiyah memberikan saran untuk mulai dari aneka jenis tanaman sansievera

Membahas sekilas soal sansievera, ini adalah jenis tanaman yang di Indonesia akrab disebut sebagai tanaman lidah mertua. Tanaman hias ini menonjolkan keindahan daunnya dengan berbagai bentuk menarik. 

Selain khas dengan keindahan daunnya, sansievera atau lidah mertua ternyata juga bermanfaat untuk menyerap gas polutan atau gas berbahaya pada udara. Dilansir dari situs Kemendikbud, tanaman ini dapat menyaring udara kotor di dalam ruangan. Sehingga ruangan menjadi lebih segar dengan udaranya yang bersih. 

Namun, walaupun tanaman jenis sansievera atau lidah mertua ini mudah dirawat dan bisa disimpan dalam ruangan tertutup, Adawiyah mengingatkan jika semua tanaman merupakan makhluk hidup yang memerlukan sinar matahari untuk proses fotosintesis. 

"Saran saya mesti rajin dan rutin mengeluarkan tanaman ke area luar agar dapat sedikit kena sinar matahari dan angin," ujar Adawiyah. 

Lalu tidak ada syarat khusus loh untuk jenis pot, pupuk, bahkan tanah untuk menanam tanaman hidup di dalam ruangan. Seperti yang disampaikan oleh Adawiyah, TemanBaik cukup menyesuaikan ukuran pot dengan ukuran tanaman. Selain itu pastikan pot berlubang agar sirkulasi air baik. "Selebihnya sesuaikan dengan selera dan anggaran saja," tambah Adawiyah.

Nah TemanBaik, jika kamu tertarik untuk mulai bercocok tanam di dalam rumah, tapi masih bingung mau pilih tanaman apa dan mulai dari mana, kamu bisa intip Nanem Taneman di akun instagramnya @nanemtaneman. Disana juga banyak informasi menarik seputar bercocok tanam loh!

Adawiyah dan Nanem Taneman sudah membuktikan jika tidak memiliki lahan luas untuk membuat taman di rumah bukan halangan untuk mulai bercocok tanam. Yuk jadikan bercocok tanam sebagai kegiatan positif dan menyenangkan di rumah, TemanBaik!

Foto: dok Adawiyah Riwan/Nanem Taneman

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler