Begini Cara Merawat Benda Berbahan Logam

Bandung - TemanBaik, punya barang pribadi berbahan logam? Nah, agar tak cepat rusak, barang logam memang punya beberapa metode perawatan.

Andi Sumarno selaku Konservator pada Pusat Konservasi Cagar Budaya punya beberapa kiat yang bisa kita coba dalam merawat barang logam kesayanganmu. Cara-caranya sebetulnya sederhana loh. Bagaimana sih? Yuk kita simak ulasannya!

Hal pertama yang harus kamu perhatikan adalah kelembapan dan suhu udara pada barang logam tersebut. Andi merekomendasikan kelembapan udara pada benda logammu berkisar di angka 40 hingga 60 persen, sedangkan suhu udara berkisar di angka 20 hingga 24 derajat celcius. Suhu udara ini bisa kamu pantau sehingga kamu bisa memastikan suhu udara harian, bulanan, hingga tahunan.

"Untuk kelembapan itu, jangan sampai di atas 65 persen, karena terlalu lembab," terang Andi.

Selain suhu dan kelembapan, hal penting lainnya adalah pengaturan cahaya pada sekitar area benda logam. Sumber cahaya untuk logam itu sendiri bisa dari cahaya alami yaitu sinar matahari maupun cahaya lampu. Namun, yang perlu diperhatikan di sini adalah rekomendasi besaran cahaya. Nah, Andi menyebut cahaya yang direkomendasikan untuk menerangi benda logam adalah 150 luks untuk ukuran ultraviolet dan 75 watt/lumen untuk ukuran lampu.

Baca Ini Juga Yuk: Mengenal Pikiran Berlebih dan Cara Menanggulanginya

Ia juga menambahkan, intensitas cahaya dan ultraviolet bisa merusak benda logam. Oleh karenanya, penting sekali untuk kita memperhatikan besaran cahaya yang direkomendasikan, ya.

Benda logam juga harus dibersihkan secara berkala. Andi membagi metode pembersihan tersebut dengan metode pembersihan kering dan basah. Nah, pembersihan kering bisa kamu lakukan dengan menggunakan sikat dan melakukannya ke seluruh permukaan benda logam. Sementara itu pembersihan basah bisa kamu lakukan dengan melakukan penyiraman dengan larutan teepol dan air. Setelah itu, bilas benda logammu dengan aquadest.

"Lakukan pembersihan basah ini dua hingga tiga kali sampai benda logam benar-benar bersih dari debu," kata Andi.

Terakhir, ia menyebut hal yang perlu dilakukan adalah membersihkan dan mencegah datangnya karat. Wah, karat memang salah satu "masalah" menakutkan bagi para kolektor barang logam, ya.

Pembersihan logam dari karat bisa dilakukan dengan merendam barang logam tersebut di dalam air kelapa selama 3 hari. Setelah direndam, gosok bagian berkarat pada benda logam dengan air jeruk dan serabut kelapa. Pembersihan logam dengan metode lain bisa dilakukan yakni dengan memakai deterjen. Caranya, masukkan 1-2 sendok deterjen ke dalam air sebanyak 1-2 liter dalam wadah. Lalu, didihkan air tersebut dan masukkan benda logam ke dalam air yang sudah mendidih. Lalu, jika karatnya sudah hilang, dinginkan lagi benda logam dengan air.

TemanBaik, memiliki benda kesayangan tentu harus dibarengi dengan kecintaan kita terhadap benda tersebut. Yuk, rawat benda-benda kesayangan kita dan jangan buat benda-benda itu menjadi terlantar. Tetap semangat!

Foto: Ilustrasi Unsplash/David Carboni

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler