'Bach Flower Remedies', Khasiat Bunga untuk Kesehatan Mental

Bandung - TemanBaik, tak hanya indah dipandang, namun bunga juga punya khasiat jadi obat terapi kesehatan mental. Salah satu metode terapi yang direkomendasikan untuk kesehatan dan keseimbangan mental adalah dengan terapi 'Bach Flower Remedies'.

Psikolog Ayu S. Sadewo menjelaskan, pada praktiknya, Bach Flower Remedies akan menyeimbangkan emosi dan mengembalikan kesehatan mental dalam diri manusia dengan menggunakan bunga sebagai media obatnya. Lebih spesifik, air dari bunga tersebutlah yang menjadi obat untuk sang pasien. Ayu sendiri menceritakan, ia tertarik dengan metode ini setelah mengunjungi salah satu terapis kesehatan mental di Indonesia karena dirinya memiliki isu tersendiri. Namun, ia merasa ingin membantu lebih banyak orang lagi. Akhirnya, ia memutuskan untuk mempelajari Bach Flower Remedies hingga level 3 di Bach Centre, Inggris.

Menelisik sejarahnya, metode ini diciptakan oleh seorang dokter sekaligus homeopath, bernama Dr. Edward Bach, seorang dokter di Inggris yang hidup di tahun 1886 hingga 1936. Menurutnya, ketidakseimbangan emosi berkontribusi hingga 95 persen pada sebuah penyakit. Karena itu, penting untuk mempertimbangkan kondisi ini pada sebuah proses penyembuhan. Dalam terapi ini, ia tidak lagi berfokus pada penyembuhan penyakit itu sendiri, namun juga melihat kondisi emosi di balik penyakit itu.

Nah, dari proses penelitain tersebut, akhirnya ditemukan 38 jenis bunga yang ternyata dapat dihubungkan ke emosi-emosi tertentu. Ia mengarahkan kita untuk berkunjung ke situs bachcenter.com untuk mengetahui ke-38 jenis bunga tersebut beserta khasiatnya. Namun sebagai contoh, Ayu menyebut ada bunga larch yang dipakai untuk orang yang merasa tidak mampu melakukan sesuatu, atau bunga impatience untuk orang yang menurutnya tidak sabaran.

"Bunga larch itu untuk orang-orang yang tidak bisa melakukan sesuatu. Misalnya kamu enggak bisa pidato, enggak pede, padahal aslinya kamu bisa melakukan itu," terangnya kepada Beritabaik.id.

Baca Ini Juga Yuk: Begini Cara Merawat Benda Berbahan Logam

Bunga-bunga tersebut diracik sehingga air dalam bunganya dapat dikonsumsi oleh sang pasien. Dalam proses peracikannya, Ayu menyebut ada 2 metode pengolahan bunga untuk jadi "obat" terapi, yaitu sun method dan boiling method atau dididihkan.

"Sun method itu jadi kita meletakkan kelopak bunga yang direndam dalam mangkuk, dan dijemur matahari. Lalu bunganya disisihkan, dan air tersebut kemudian di proses, diberi brandy yang berfungsi sebagai pengawet, dimasukkan dalam botol-botol tadi. Jadi bach flower mengandung brandy, ya," bebernya.

Sementara itu boiling method punya perbedaan yaitu bunga yang digunakan sebagai "obat" ini dididihkan terlebih dahulu. Setelah itu, akan dilakukan proses yang sama dengan sun method mulai dari bunga disisihkan dan diberi brandy atau cuka apel sebagai pengawet. Ayu menambahkan, prinsip dari kedua metode ini adalah air sudah mengandung "energi" dari bunga.

Saat mengaplikasikan Bach Flower Remedies di tempat praktiknya, Ayu menyebut rangkaian proses selalu diawali dengan tahap konsultasi, agar dirinya mengetahui permasalahan sang pasien atau klien. Setelah mengidentifikasi permasalahan klien, kemudian Ayu akan memilih obat bunga (flower remedies) untuk kliennya. Flower remedies itu dipilih berdasarkan ketidakstabilan emosi atau isu yang dimiliki oleh klien berdasarkan hasil konsultasi.

Setelah flower remedies disepakati, nantinya Ayu akan menyiapkan botol pipet 30ml, lalu memasukkan masing-masing dua tetes air dari flowers remedy yang sudah disetujui. Dua tetes air tersebut adalah hasil dari metode peracikan yang telah dijelaskan sebelumnya, ya. Setelah itu, komposisi bunga akan ditambahkan 20 tetes brandy atau cuka apel sebagai pengawet dan diisi air hingga botolnya penuh. Menurut Ayu, satu botol bunga obat ini cukup untuk pemakaian 3 minggu.

Ada banyak isu kesehatan mental yang punya kans berhasil ditangani oleh metode ini. Ayu menyebut ketidakstabilan emosi dan mental yang berdampak pada penurunan performa kerja, bahkan hingga kasus patah hati dari kisah asmara pun bisa ditangani oleh metode Bach Flower Remedy. Namun, ia mengingatkan sekali lagi, bahwa tidak ada proses penanganan yang instan.

Lebih lanjut mengenai perjalanan Ayu dalam menerapkan alternatif terapi kesehatan mental, ia menyebut ada beberapa tantangan yang dihadapinya, antara lain mengubah sudut pandang seseorang tentang bunga. Ya, sejauh ini, kehadiran bunga memang identik dengan unsur mistikal.

"Hal yang lebih jadi tantangan lagi, aku ini kan psikolog, sehingga orang bisa aja punya pendapat, 'kok psikolog pake pendekatan mistis sih?'"katanya sembari tersenyum.

Selama menjalankan terapi Bach Flower Remedies ini, Ayu juga menangkap fenomena beberapa klien yang kembali lagi untuk mengupas lapisan emosinya. Untuk menyamakan persepsi tentang Bach Flower Remedies, biasanya di awal sesi Ayu akan luruskan dulu pandangan kliennya bahwa metode ini bukan sesuatu yang mistis.

Ditanya mengenai kesehatan mental orang-orang di kota besar, terlebih pasca situasi pandemi seperti saat ini, Ayu belum bisa menjawab secara spesifik. Namun, Ayu berulang kali mengingatkan akan pentingnya menjaga kesehatan mental, apalagi di tengah terpaan informasi yang tak jarang meresahkan. Isu kesehatan mental juga disebut Ayu sebagai salah satu hal yang perlu diedukasi kepada masyarakat Indonesia.

"Masih banyak yang takut pergi ke psikolog. Mereka pergi ke psikolog, psikoterapis atau ke profesional kalau terpaan-terpaan itu sudah jadi penyakit. Padahal kita perlu menjaga kesehatan mental sebelum terpaan itu menjadi penyakit," katanya.

Sebagai penutup, Ayu berharap terapi Bach Flower Remedies ini bisa membuat banyak orang semakin sadar akan pentingnya hidup dengan emosi seimbang. Sehingga pada akhirnya, keseimbangan ini akan mempengaruhi relasi yang lebih positif antar satu individu dengan individu lainnya.

Ia juga menyebut saat ini pekerjaan rumah yang sedang dikejarnya adalah melakukan riset tentang bunga-bunga di Indonesia untuk dijadikan bahan baku pembuatan flower remedy atau obat bunga. Pasalnya, sejauh ini bunga yang telah dipelajarinya adalah bunga dari Inggris, tempat empunya Bach Flower Remedies berasal.

TemanBaik, sebesar apapun terpaan yang menghantam, yuk kita jaga kesehatan mental kita. Sebab, jika mental sehat, hidup kita akan bahagia. Tetap semangat ya!

Foto: Ilustrasi Unsolash/Priscilla Du Preez

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler