Pentingnya Mengenal Diri Sendiri Agar Terbebas dari Jerat Narkoba

Bandung - TemanBaik, rasanya ngeri juga ya kalau kita berbicara tentang penggunaan narkoba di Indonesia. Namun, di balik kengerian tersebut, sebetulnya penggunaan narkoba itu bisa dicegah dari dalam diri kita masing-masing loh!

Eva Fitri Yuanita selaku Kasi. Pendidikan Deputi Bidang Pencegahan Narkotika pada Badan Narkotika Nasional (BNN) menyebut, bentuk pencegahan yang bisa dilakukan agar seseorang tidak terjerumus menggunakan narkoba dimulai dari diri kita sendiri. Bicara tentang memulai dari diri sendiri, Eva menyebut cara yang bisa dilakukan oleh diri kita masing-masing ialah mengenal diri sendiri terlebih dulu.

Ia menambahkan, biasanya ada kecenderungan para bandar narkoba 'merasuki' calon korbannya dengan iming-iming sesuatu yang instan seperti permen dengan istilah tertentu, yang berguna untuk meraih sesuatu secara instan semisal meraih kepercayaan diri.

Padahal, untuk mencapai sesuatu itu diperlukan proses panjang. Sesuatu yang sifatnya instan seperti narkoba sudah barang tentu tak baik untuk tubuh. Dan kalau berbicara konteks percaya diri saja misalnya, tanpa perlu memakai narkoba pun, tubuh kita punya hormon alamiah yang bisa meningkatkan kepercayaan diri itu sendiri loh. Jadi untuk apa harus capek-capek pakai narkoba dulu?

Oleh karenanya, mengenal diri sendiri adalah hal yang wajib kita lakukan. Sebab, dengan mengenal diri sendiri kita akan tahu batasan dan bisa membentengi diri terhadap sesuatu yang sekiranya akan mengganggu perjalanan kita meraih mimpi.

"Kalau kita fokus terhadap kelebihan-kelebihan kita, kita bisa fokus sama diri kita untuk mengejar mimpi kita," ujar mantan Guru BK di SMA Labschool Rawamangun ini.

Lalu, bagaimana caranya mengenal diri kita? Mengutip dari buku ‘Reflection’ yang ditulisnya bersama tim di BNN, kita bisa mengenali diri dengan menyebutkan setidaknya lima hal yang paling kita gemari. Selain itu, kita juga perlu mengetahui apa saja hal-hal yang kita tidak sukai, hal-hal apa saja yang membuat kita merasa menarik, hal-hal apa saja yang membuat kita tidak percaya diri.

Baca Ini Juga Yuk: Sembuhkan Luka Batin Terdalam dengan Cara Ini

Apabila kita masih perlu waktu lama untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan di atas, artinya kita belum mengenal diri kita lebih jauh. Maka dari itu, yuk dari sekarang cari tahu tentang diri kita lebih dalam lagi yuk!

Proses pengenalan diri akan lebih lengkap jika selanjutnya kita menemukan passion atau hal yang kita minati. Dalam tahap ini, kita perlu menentukan hal yang membuat diri kita senang, kita konsisten menjalankan hal tersebut, mau berproses, dan belajar.

Namun, dalam tahap ini, tak jarang kita menemui teman yang bisa saja terindikasi menjerumuskan kita menjadi pengguna narkoba. Nah, apabila kita menemuinya, maka hal yang perlu diingat adalah seseorang yang mengaku teman idealnya akan membawa kita menggapai mimpi dan mendampingi kita menjalani rutinitas sesuai passion.

"Teman itu harusnya melindungi, bukan merasuki, apalagi menawari kamu pakai narkoba," tegas Eva.

Setelah menemukan passion atau kesenangan, maka kita tinggal berjalan fokus meraih mimpi. Karena dua hal tadi sudah ditemukan, yaitu pengenalan diri sendiri dan passion, maka kamu enggak bakalan terpengaruh oleh tawaran-tawaran aneh dari luar. Apalagi jika tawarannya berkaitan dengan penggunaan narkoba.

TemanBaik, pengenalan diri sendiri dapat membantu kita lebih fokus menggapai mimpi di masa depan. Selain itu, pengenaan diri juga bisa menghindarkan kita dari distraksi yang menganggu seperti misalnya penyalahgunaan narkoba. Nah, apakah kamu sudah mengenal dirimu sendiri? Kalau sudah, coba deskripsikan sesuatu tentang dirimu!

Foto: Ilustrasi Unsplash/Simon Maage

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler