Dua Masalah Kulit Saat Pandemi, Ini Tips Mencegahnya

Jakarta - TemanBaik, tahu enggak jika di masa pandemi COVID-19 sekarang ada beberapa masalah kulit yang rentan dialami? Apa saja dan bagaimana cara mencegahnya? Simak ulasannya, yuk!

Dokter spesalis kulit dan kelamin sekaligus pengusaha klinik kecantikan, I Gusti Nyoman Dharmaputra mengatakan memang ada dampak yang ditimbulkan dari pandemi ini. Salah satu yang cukup banyak dialami adalah jerawatan.

"Sekarang tuh problemnya (terhadap kesehatan kulit) banyak, dengan masker aja masalah (orang yang) jerawatan makin banyak," kata Dharma yang juga merupakan Ketua Umum HIPMI cabang Bali.

Kenapa sih penggunaan masker bisa memicu jerawat? Itu karena kondisi di area sekitar mulut kerap tertutupi oleh masker. Pada kondisi seperti itu, sirkulasi udara yang harusnya dialami kulit jadi terhambat.

Area sekitar mulut itu juga berada dalam kondisi lembap ketika menggunakan masker. Sebab, uap atau napas yang dikeluarkan dari hidung atau mulut terjebak di sana. Kondisi itu akan makin parah jika kamu tidak menjaga kebersihan kulit, terutama di area yang tertutup masker.

Baca Ini Juga: Begini Cara Dokter Mengetes Rambut Rontok

Sehingga, kamu disarankan menjaga kebersihannya. Jika sudah selesai menggunakan masker, cucilah wajah dengan menggunakan sabun pembersih muka. Jika kondisi kulitmu sensitif atau mengalami masalah lebih parah, sebaiknya konsultasikan ke ahlinya ya.

Masalah kulit berikutnya di masa pandemi adalah kulit yang terbakar atau warnanya menghitam. Ini biasanya dialami oleh mereka yang kerap beraktivitas di luar rumah, termasuk yang gemar berolahraga di luar. Jika terlalu sering dan lama berada di bawah terik matahari tanpa perlindungan, maka akan berdampak buruk pada kulit.

"Saat orang demam olahraga seperti sekarang, orang kadang lupa memakai sunblock untuk melindungi diri (kulit)," tutur Dharma.

Karena itu, ia menyarankan kulit dilindungi dengan menggunakan sunblock jika akan beraktivitas di luar rumah, terutama jika berada di bawah terik matahari. Bagaimana dengan aktivitas berjemur yang disarankan karena baik untuk kesehatan? Ini tetap baik kok. Namun, usahakan memakai sunblock ya sebelum berjemur.

Jaga kesehatan kulitmu ya, TemanBaik! Jangan lupa, tetap konsisten menjalankan protokol kesehatan demi terhindari dari COVID-19 dan potensi penyakit lainnya.

Foto: Ilustrasi Unsplash/Scott Webb

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler