Mengenal Daun Stevia, Pemanis Alami Kaya Manfaat

Bandung - TemanBaik, ada banyak ragam tanaman yang memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh. Kali ini, kita akan membahas soal daun stevia. Apa sih keistimewaannya?

Stevia sendiri merupakan tanaman yang berasal dari Amerika Latin. Namun, tanaman ini banyak dibudidayakan di berbagai negara. Bagian yang cukup banyak dimanfaatkan dari stevia ini adalah daunnya.

Daun stevia ini umumnya digunakan sebagai pemanis minuman. Bisa juga kok dikonsumsi begitu saja karena rasanya manis tapi alami. Sehingga, aman dikonsumsi untuk tubuhmu.

Untuk penggunaannya, daun stevia ini cukup dipakai sedikit saja. Sebab, rasanya jauh lebih manis daripada gula. Namun, meski manis, stevia ini tidak mengandung kalori. Salah satu khasiat utama dari daun stevia ini adalah bisa menurunkan berat badan dan mencegah berat badan berlebih.

"Stevia ini istimewa karena dia bisa mencegah peningkatan berat badan karena membatasi atau mencegah absorsi lemak yang terlalu banyak dan juga meningkatkan sekresi dari lemak," kata Wakil Ketua Bidang Apoteker Advance dan Spesialis Pengurus Pusat Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) Prof. Dr. Kerry Lestari Dandan, Apt., M.Si.

Baca Ini Juga Yuk: Pengidap Obesitas Rentan Terjangkit COVID-19, Ini Penjelasannya

Stevia ini direkomendasikan dikonsumsi secara rutin. Sehingga, khasiat yang dirasakan bisa lebih maksimal. Apalagi jika tubuhmu memiliki banyak lemak, akan luntur secara perlahan.

"Kalau minum atau makan stevia secara rutin, kalau pagi-pagi kita ke kamar mandi (untuk buang air besar), kayak ada lemak di saluran pembuangan kita. Sampai segitu efeknya," jelas Kerry.

Karena itu, bagi kamu yang ingin diet, menurunkan berat badan, atau mencegah agar tak mengalami berat badan berlebih, penggunaan daun stevia ini sangat direkomendasikan. Namun, ada juga khasiat lainnya dari daun stevia ini.

Daun stevia ini aman bagi pengidap diabetes. Sebab, dokter biasanya tidak menyarankan pengidap diabetes mengonsumsi gula. Daun stevia pun bisa jadi solusi. Sebab, pengidap diabetes bisa tetap menikmati rasa manis meski bukan dari gula.

Daun stevia juga berkhasiat membantu menyetabilkan kadar kolesterol dalam tubuh, menurunkan tekanan darah tinggi, mencegah kanker pankreas, menangkal virus dan bakteri, hingga mengurangi risiko kanker payudara.

Kenapa sih daun stevia ini begitu kaya manfaat? Itu karena terdapat banyak kandungan di dalamnya, mulai dari steviosida, steviolbiosuda, dulkosida, antioksidan, protein, serat, kalsium, kalium, hingga vitamin A dan C.

Foto: dok. wikipedia.org/Robert Lynch

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler