Pentingnya Makan Tiga Kali Sehari dengan Waktu Teratur

Bandung - TemanBaik, kamu disarankan untuk makan tiga kali sehari. Namun, tahukah kamu jika makan tiga kali sehari ini bisa membuatmu terhindar dari obesitas atau berat badan berlebih?

Gaga Irawan Nugraha dari Associate Professor Departemen Ilmu Kedokteran Dasar Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran memberi penjelasannya. Namun, ia menekankan agar makan tiga kali sehari itu dilakukan secara rutin dan waktu yang tetap.

Misalnya makan pagi pukul 07.00 WIB, makan siang pukul 12.00 WIB, dan makan malam pukul 19.00 WIB. Lakukan setiap hari makan pada jam-jam tersebut.

"Kenapa saya mengusulkan harus makan teratur tiga kali sehari? Karena dengan makan teratur tiga kali sehari dengan waktu yang tetap, maka kita akan lebih terhambat untuk mengonsumsi camilan," kata Gaga.

Baca Ini Juga Yuk: Ini Manfaat Buah Delima Bagi Kesehatan

Namun, tentu harus diperhatikan ya kandungan gizi yang kamu makan. Selain nasi atau makanan pengganti seperti jagung dan kentang, pastikan terdapat protein nabati, hewani, dan sayuran. Asupan buah-buahan juga direkomendasikan untuk dikonsumsi rutin.

"Dengan kita makan tiga kali sehari, makan nasi dengan lauk-pauknya, lebih dari 80 persen kebutuhan zat gizi yang diperlukan tubuh sudah terpenuhi," jelas Gaga.

Coba deh rasakan jika kamu makan teratur tiga kali sehari dengan makanan bergizi, rasa laparmu akan lebih terkendali. Dengan begitu, keinginan untuk makan camilan pun bisa diredam.

Sebab, camilan berpotensi membuatmu memiliki berat badan berlebih. Apalagi jika yang dikonsumsi merupakan camilan 'tak sehat', seperti mengandung kadar gula tinggi hingga berlemak.

Foto: Ilustrasi Unsplash/Dan Gold


Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler