Pakai Bra Saat Tidur Picu Kanker Payudara, Benarkah?

Bandung - TemanBaik, di Indonesia ada beragam mitos atau pandangan yang salah dalam berbagai hal, termasuk dalam dunia kesehatan. Di antara mitos itu, tentu ada yang benar, tapi tak sedikit juga yang salah.

Salah satunya, ada mitos yang beredar di masyarakat bahwa penggunaan bra saat tidur bisa menyebabkan seseorang mengidap kanker payudara. Benarkah hal ini?

Selama ini, kabar yang beredar itu salah satunya menyebutkan penggunaan bra saat tidur akan menghambat sirkulasi darah pada getah bening. Hal ini disebut-sebut dapat meningkatkan seorang perempuan mengidap kanker payudara.

Namun, pandangan penggunaan bra saat tidur mengakibatkan kanker payudara ternyata enggak benar loh. Hal ini ditegaskan dokter spesialis bedah onkologi Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung Dr. dr. R. Yohana, Sp.B (K)., Onk.

"Enggak (benar) sih sebenarnya walaupun banyak memang yang mengatakan seperti itu (penggunaan bra saat tidur bisa memicu kanker payudara)," kata Yohana.

Baca Ini Juga Yuk: Menstruasi Kita Normal atau Enggak Ya? Simak Penjelasannya Yuk!

Karena itu, kaum hawa enggak perlu khawatir ya jika ingin menggunakan bra saat tidur. Namun, demi kenyamanan, ia menyarankan agar bra yang digunakan saat tidur dirasa nyaman oleh penggunanya.

"Usahakan gunakan bra yang nyaman untuk tubuh kita. Ukurannya harus pas, jangan terlalu kecil atau terlalu besar," imbau Yohana.

Akan lebih baik jika kamu menggunakan bra yang khusus dipakai untuk tidur, misalnya sport bra. Sebab, sport bra berbeda dengan bra yang biasa dipakai untuk keseharian yang cenderung lebih keras.

Namun, jika kamu merasa tak nyaman menggunakan bra jenis apapun saat tidur, kamu boleh kok tidur tanpa bra. Hal ini aman kok jika kamu lakukan.

"Kalau mau tidur, kalau (bra) mau dilepas, silakan aja. Tapi enggak masalah juga kalau mau menggunakan bra yang nyaman seperti sport bra agar membuat payudara supaya enggak turun banget dan nyaman buat kita," tutur Yohana.

Foto: Ilustrasi Pexels/Anna Tarazevich

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler