Yuk! Lebih Bijak dan Pertimbangkan Dampaknya Saat Main Layangan

Bandung - TemanBaik, ada yang gemar bermain 'layangan' alias layang-layang? Bagi yang menyukainya, bermain layangan tentu memberi keasyikan tersendiri.

Ada yang asyik menerbangkannya setinggi mungkin. Ada yang senang menerbangkan layangan berbentuk unik. Namun, ada juga yang gemar mengadu layangan. Kalau kamu tipe penyuka bermain layang-layang yang mana?

Namun, sebaiknya berpikir ulang dan lebih bijak ya untuk melakukan permainan tradisional ini. Sebab, ada risiko buruk yang ada di depan mata. Salah satu yang paling parah adalah menimbulkan kerusakan pada kabel listrik.

Tentu kamu pernah kan melihat kabel listrik terdapat lilitan benang yang biasa dipakai untuk layangan. Bahkan, tak jarang ada juga layangannya yang nyangkut.

Kondisi ini dapat mengakibatkan kabel listrik dan berbagai elemen lainnya mengalami kerusakan. Ujung-ujungnya, listrik tak akan mengaliar atau yang biasa disebut mati listrik.

Baca Ini Juga Yuk: Ini Salah Satu Opsi Beli Mobil Tunai dengan Bujet Terbatas

Jika ini terjadi, tentu butuh waktu bagi petugas PLN untuk melakukan perbaikan. Perbaikannya sendiri bisa lama atau sebentar tergantung kondisi kerusakan yang ada.

Direktur Niaga dan Manajemen Pelanggan PLN Bob Sahril mengatakan selain layangan, ada hal lain yang harus diperhatikan masyarakat, yaitu pohon. Ia mengingatkan agar masyarakat tidak menanam pohon di dekat tiang listrik atau yang terdapat jaringan kabel PLN.

"Sampai saat ini banyak yang belum memahami tentang bermain layang-layang dan menanam pohon di dekat jaringan listrik. Hal inidapat membahayakan jiwa dan menganggu keandalan suplai ketenagalistrikan," kata Bob.

Ia pun berharap masyarakat berpikir ulang jika bermain layangan dan menanam pohon di dekat tempat yang terdapat jaringan listrik. Sehingga, risiko buruk bisa diminimalisir.

Jika ingin bermain layangan, pastikan tempatnya benar-benar aman. Sehingga, potensi benang layangan nyangkut di kabel jaringan listrik bisa dihindari. Aman enggak tempatmu bermain layangan?

Sedangkan jika ingin menanam pohon, pastikan berapa tinggi maksimal ketika tumbuh. Jangan sampai ketinggiannya nanti malah mengganggu jaringan listrik.

Sebab, jika jaringan listrik terganggu akibat layangan atau pohon, bukan kamu saja yang akan rugi. Akan ada banyak orang yang terkena dampaknya. Coba deh bayangkan jika jaringan listrik mati, akan begitu banyak warga di suatu daerah yang tak bisa menikmati listrik. Bahkan, sektor usaha pun bisa terganggu.

Foto: Ilustrasi Pexels/Fox
Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler