Sikap Pasanganmu Mirip dengan Mantan? Ini Kata Ahlinya

Bandung - TemanBaik, sadar enggak terkadang pasanganmu punya beberapa sikap yang mirip dengan mantan pasangan dan orang tuamu? Meski enggak semua terjadi, faktanya banyak orang yang memiliki pasangan dengan sikap yang mirip mantan pasangan dan orang tuanya.

Disadari atau enggak. Namun, hal ini sebenarnya biasa. Itu karena seseorang biasanya memiliki kecenderungan mencari pasangan yang berkarakter mirip dengan mantan pasangan dan orang tuanya.

Dalam hal mirip dengan orang tuanya, misal, seorang laki-laki, sadar atau tidak biasanya mencari pasangan perempuan bertipikal mirip ibunya. Misalnya jika ibunya cerewet, maka laki-laki akan mencari pasangan yang cenderung cerewet.

Lalu, seorang perempuan biasanya akan mencari pasangan laki-laki seperti sosok ayahnya. Misalnya punya kedisiplinan tinggi, senang mengatur, atau tegas.

Kenapa sih hal ini bisa terjadi? Jawabannya, itu karena kebutuhan dirimu terhadap pasangan. Jika seorang laki-laki terbiasa dicereweti ibunya, ada kemungkinan ia akan mencari pasangan yang cerewet. Sehingga, laki-laki bisa lebih diingatkan dalam berbagai hal.

Baca Ini Juga Yuk: Yuk! Cek Kadar Air di Rumah Biar Rambut Kamu Enggak Rontok

Begitu juga perempuan, ia membutuhkan sosok yang sesuai dengan karakternya. Jika terbiasa dilindungi dan dibantu ayah dalam berbagai hal, maka ia akan mencari pasangan yang bisa melindungi dan membantunya.

"Orang itu akan mencari pasangan yang sesuai dengan kebutuhan dirinya," kata psikiatri RS Melinda 2 Bandung Teddy Hidayat.

Namun, hal ini seolah jadi dua sisi mata uang. Sikap pasangan yang mirip orang tua bisa membuat kamu nyaman atau bahkan sebaliknya. Jika nyaman, hubungan besar kemungkinan akan awet. Berbeda jika kamu atau pasanganmu merasa tak nyaman.

Biasanya seseorang akan mengakhiri hubungannya jika merasa sudah enggak nyaman dengan pasangan. Namun, setelah mendapatkan pasangan baru, ternyata sikapnya tak jauh berbeda dengan pasangan sebelumnya. Hal ini bisa terus terjadi dengan pasangan kamu berikutnya. Ada yang pernah mengalami ini?

Salah satu kemungkinan hal itu terjadi adalah kamu sendiri yang tanpa sadar mencari sosok serupa. Sehingga, kamu bertemu lagi dengan orang dengan karakter serupa seperti pasangan sebelumnya alias mantan.

Apalagi jika mantan pasangan punya beberapa sikap ideal seperti orang tuamu, besar kemungkinan kamu mencari pasangan berkarakter mirip dengannya. Ini karena kamu membutuhkan pasangan seperti itu. 

"Misalnya, kalau orang itu kebutuhannya dikendalikan, maka dia akan mencari orang yang bisa mengendalikan. Makanya begitu lagi begitu lagi (ketika mendapatkan pasangan)," jelas Teddy.

Karena itu, Teddy mengingatkan agar kamu memahami kebutuhan diri sendiri terhadap sikap pasangan. Di saat yang sama, kamu juga memahami kebutuhan pasangan terhadapmu.

Dengan begitu, satu sama lain bisa memahami karakter dan tahu apa yang perlu dilakukan atau tidak dalam hubungan. Komunikasikan dengan baik apa yang kamu sukai dan tidak dari pasangan. Sehingga, potensi pertengkaran bisa diminimalisir.

Sedangkan jika pasanganmu sikapnya enggak mirip orang tuamu sesuai harapan, sampaikan apa yang kamu inginkan dan tidak diinginkan darinya. Namun, hindari menuntut atau memaksa pasangan karakternya mirip orang tuamu 100 persen ya. Sebab, setiap orang punya karakter berbeda yang enggak mungkin sama 100 persen dengan orang lain.

Foto: Ilustrasi Pexels/Anastasiya Lobanovskaya

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler