'Year on TikTok', Kilas Balik Momen dan Tren 2020

Jakarta - Di tahun 2020, TikTok jadi aplikasi yang sangat digemari terutama di Indonesia. Sejak kemunculan pertamanya di tahun 2016, TikTok bisa dibilang mencapai puncaknya di tahun 2020 ini.

Selain karena pandemi yang menyebabkan semua orang mencari hiburan lewat internet, konten video berdurasi pendek di TikTok nyatanya sangat disenangi oleh masyarakat. TemanBaik pastinya jadi bagian dari penggemar konten di TikTok juga, dong?

Mendekati berakhirnya tahun 2020 dan datangnya 2021, TikTok merayakan dengan sebuah momen kilas balik yang diberi nama 'Year on TikTok'. 'Year on TikTok' hadir sebagai sebuah apresiasi pada semua konten dan kreator yang hadir di TikTok sepanjang tahun 2020.

Konten yang paling diminati di TikTok mengerucut ke dalam 5 buah kategori, yaitu komedi, edukasi, fesyen & kecantikan, bakat, dan juga makanan. Dari 5 kategori tersebut, ribuan konten TikTok telah dibuat oleh para kreator, hal ini menunjukkan perkembangan kreativitas secara pesat di tahun 2020 ini.

Beritabaik.id berkesempatan untuk hadir dalam media briefing yang berjudul 'Year on TikTok 2020' pada Selasa, (15/12). Narasumber pada kesempatan kali ini adalah Angga Anugrah Putra, sebagai Head of User and Content Operations, TikTok Indonesia, Christian Bong, sebagai pendiri Indomusikgroup, dan Nadya Arianti, sebagai Chief Client Officer, Kantar.



Baca Ini Juga Yuk: Mengatakan 'Tidak' pada Orang Lain, Wajar atau Enggak Ya?

Pada kesempatan tersebut, Angga mewakili TikTok Indonesia mengucapkan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya bagi para pengguna dan juga kreator yang ada di TikTok Indonesia. Semua tren dan berbagai hal yang viral di tahun 2020 ini tentu tak mungkin terjadi bila tak ada mereka. Hal inilah yang menjadi dasar dari hadirnya 'Year on TikTok'.

"Berbicara soal 'Year on TikTok' sendiri, ini bukan sekadar perayaan untuk melihat kilas balik, tapi juga momen untuk melihat tren ke depan, baik individu, brand, atau pelaku industri untuk melihat TikTok dan mengoptimalkan TikTok lagi di aktivitas ke depan, dan untuk lebih meningkatkan optimisme di tahun 2021," jelas Angga.

Berbagai tagar juga menjadi salah satu penggerak tren yang ada di TikTok pada tahun 2020 ini. Tagar di TikTok digunakan untuk memudahkan pengguna untuk melihat dan mengikuti tren yang sedang terjadi. Di tahun 2020 ini ada tiga tagar yang menempati urutan teratas di TikTok.



Ketiga tagar tersebut adalah #samasamabelajar yang menjadi kampanye konten edukasi dari TikTok di Indonesia, #passthebrushchallenge yaitu konten kecantikan menggunakan make up dengan teknik video khas TikTok, serta #popcornduetchallenge yang memungkinkan pengguna untuk berduet dengan pengguna lainnya menggunakan potongan lirik yang ditampilkan di layar.

"TikTok juga identik sama hashtag (tagar) challenges, ini adalah tempat di mana komunitas TikTok itu saling berinteraksi, menjadi satu bagian keseluruhan dari komunitas global," tambah Angga.

Musik di TikTok juga menjadi pelengkap utama dalam setiap konten yang ada. Tahun 2020 ini menjadi tahunnya musik dari berbagai jenis dan berbagai masa untuk meraih eksistensinya. Dari para kreator TikTok juga muncul talenta-talenta musik baru yang berbakat.

Salah satu kreator konten musik dan bakat di TikTok adalah 'Indomutiktok' yang merupakan versi TikTok dari Indomusikgram. Christian sebagai pendirinya berpendapat bahwa konten musik di TikTok merupakan tantangan baru yang ingin ia coba.

“Ketika saya, kreator konten lain, atau misalnya UMKM memutuskan untuk aktif di TikTok saya yakin alasannya karena nomor satu tantangan, tantangan itu sendiri untuk bisa menguasai pola pikir bagaimana caranya membuat video vertikal, lalu yang berikutnya baru bagaimana memenangkan agar bisa ke FYP dan bisa menyebarkan brand-nya,” tutur Christian.

Konten yang menghibur seperti di TikTok, memang menjadi hal yang paling dicari oleh masyarakat di masa pandemi ini. Hal ini dipertegas oleh Nadya Arianti karena melihat keadaan masyarakat yang diterpa pandemi. Ketika banyak hal di kehidupan jadi serba kurang menyenangkan, konten yang menghibur di internet tentu akan menjadi hal yang paling dicari.

"Tahun 2020 ini memang karena Covid, ketika konsumen itu mengkonsumsi konten, yang mereka cari itu adalah konten yang sifatnya menghibur, dan ini karena ketika pandemi ini kan kita semua realita kehidupannya berbeda, kita punya tekanan yang besar ,dari sisi keuangan, dari sisi kesehatan fisik dan juga mental, jadi mereka mencari konten yang sifatnya menghibur," ungkap Nadya.

TikTok memang menjadi salah satu sumber hiburan utama ya, TemanBaik. Dari konten edukasi, menyanyi, sampai bahas Seo Dal-mi ada di TikTok tahun 2020 ini. Kalau TemanBaik, konten apa sih yang jadi favorit TemanBaik di tahun 2020? Jangan lupa juga bersiap-siap juga untuk kejutan lainnya dari TikTok di tahun 2021 nanti ya, TemanBaik!

Foto: Tangkapan Layar 'Year on TikTok'

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler