Yuk! Jaga Kesehatan Kulit dengan Rutin Gunakan Skincare

Bandung - Skincare atau rangkaian perawatan kulit saat ini menjadi hal yang tak bisa terlewatkan untuk kebanyakan orang. Semakin hari kesadaran akan pentingnya merawat kulit khususnya wajah sudah mulai muncul diberbagai kalangan, baik perempuan maupun laki-laki.

Tidak hanya menjaga kulit agar tetap sehat, rutin memakai skincare juga dapat menjadi salah satu bentuk untuk mencintai dan mengapresiasi diri. Seperti yang dirasakan oleh Affi Assegaf, seorang skincare expert yang sudah terjun ke dunia kecantikan sejak 15 tahun yang lalu.

"Iya banget skincare ini bentuk menyayangi diri, merawat apa yang sudah tuhan berikan. Skincare bukan cuma soal kecantikan tapi kesehatan juga," ujar Affi.

Menurut Affi kulit memiliki banyak fungsi, salah satunya sebagai tameng atau pelindung badan dari virus, bakteri, polusi agar tidak masuk ke tubuh. Jadi penting rasanya merawat kulit agar tetap sehat.

Jika TemanBaik merasa skincare hanya untuk orang dewasa, rasanya kurang tepat. Disadari atau tidak, sejak bayi pun kita sudah menggunakan skincare, misalnya menggunakan pelembab kulit agar tidak kering. Walaupun memang semakin dewasa kebutuhan kulit kita agar tetap sehat semakin bertambah.

Baca Ini Juga Yuk: Kamu Ingin Membangun Personal Branding? Begini Cara Memulainya

Perlu diketahui jika sebenarnya ada tiga fungsi penting skincare yang perlu kita penuhi sedini mungkin, yaitu untuk membersihkan, melembabkan, dan melindungi kulit dari sinar matahari.

"Tiga dasar itu kalau bisa sedini mungkin. Karena ada faktor eksternal yang bisa merusak kulit. Contoh pemakaian sunscreen, anak kecil pun butuh pakai saat terpapar sinar matahari. Karena bisa mengalami kerusakan kulit sama seperti orang dewasa," terang Affi.

Jadi bukan berarti karena masih muda kita boleh mengabaikan diri untuk merawat kulit ya, TemanBaik. Namun tentu saja perlu ada penyesuaian produk dan bahan kandungan skincare yang kita gunakan dengan usia dan kebutuhan kulit masing-masing.

"Ya pasti kalau masih anak-anak gak perlu pakai serum, toner, gitu ya gak perlu. Jadi fungsi dasar skincare-nya sedini mungkin, tapi untuk produk dan bahannya itu baru sesuaikan sama umur," ujar Affi.

Banyaknya pilihan rangkaian dan produk skincare saat ini seringkali diikuti oleh rasa bingung dan khawatir jika skincare yang digunakan tidak cocok dengan kulit kita. Ada rasa takut jika niat awal merawat kulit saat menggunakan skincare malah berakhir merusak wajah.

Mensiasati ketidakcocokan skincare bisa dilakukan dengan cara betul-betul mengenal kulit wajah agar lebih mudah menyesuaikannya dengan skincare yang hendak kita gunakan.

Mengenal kulit bisa dimulai dari tahu apa jenis kulit wajah, apakah berminyak, kering, normal, atau bahkan kombinasi. Selanjutnya tahu apa masalah yang ada pada kulit, seperti jerawat, kerutan, dan sebagainya. Lalu jangan lupa untuk perhatikan reaksi kulit pada setiap produk skincare yang kita gunakan.

"Semakin mengenal kulit kita, semakin mudah untuk memilih produk skincare yang cocok. Ini bukan jaminan 100%, tetap harus dicoba agar tahu persis kecocokannya. Tapi setidaknya bisa memperkirakan dan meminimalisir kemungkinan gak cocoknya," ujar Affi.

Sudah tahu soal pentingnya skincare seharusnya membuat kita sadar untuk tidak lagi malas menggunakannya. Apalagi saat pandemi, banyak diam di rumah tak jarang membuat kita berpikir tidak perlu repot merawat kulit. Jangan begitu ya, TemanBaik!

Menurut Affi, kulit rentan mengalami perubahan bukan hanya efek dari luar seperti terkena polusi dan sinar matahari. Tetapi ada faktor dalam diri seperti perubahan hormon, stres, hingga pola tidur yang dapat mempengaruhi kondisi kulit kita.

"Di rumah juga bisa terpapar sinar UV dari matahari yang bisa menembus kaca. Jadi biar di rumah aja juga tetap harus pakai skincare termasuk sunscreen di dalamnya," tegas Affi.

Jadi tidak ada alasan untuk malas menggunakan skincare walau diam di rumah ya!

Nah, TemanBaik juga perlu ingat jika memakai skincare tidak hanya penting untuk perempuan namun juga laki-laki. Dalam hal ini Affi mengingatkan jika pemakaian skincare bukan hanya bicara soal kecantikan tetapi tentang kesehatan.

"Produk skincare sekarang juga banyak yang genderless, jadi mau dipakai laki-laki atau perempuan fine aja. Kalau dilihat beberapa tahun kebelakang juga kesadaran laki-laki untuk pakai skincare meningkat menurut saya," ujar Affi.

Kerusakan kulit wajah bisa terjadi pada siapapun, tidak peduli apa jenis kelaminnya dan berapa usianya. Jadi tidak ada salahnya rutin merawat kulit untuk kesehatanmu ya, TemanBaik!

Foto: Ilustrasi Unsplash/ Humphrey Muleba

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler