Yuk! Kenali Obat yang Bisa Bikin Rambut Kamu Rontok

Bandung - TemanBaik, ada berbagai penyebab yang membuat seseorang mengalami kerontokan rambut. Salah satunya adalah penggunaan obat-obatan.

Prinsipnya, suatu obat bertujuan untuk menyembuhkan penyakit tertentu. Namun, terkadang ada efek samping yang ditimbulkan, salah satunya kerontokan rambut.

Dokter spesialis kulit dan kelamin Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Reiva Farah Dwiyana mengatakan ada cukup banyak jenis obat yang berfungsi efektif mengobati penyakit tertentu. Meski begitu, secara bersamaan, obat-obatan itu juga berdampak negatif bagi tubuh, salah satunya mengakibatkan kerontokan rambut.

Kerontokan ini bisa terjadi dalam waktu cepat atau bertahap. Hal ini akan tergantung dari kondisi seseorang, termasuk jenis obat yang digunakan.

"Misalnya antikoagulan atua obat pengencer darah. Ini akan menimbulkan rontok," ujar Reiva.

Baca Ini Juga Yuk: Ini Tips Penting untuk Kamu yang Menulis Cerpen untuk Lomba

Selain itu, ada beberapa obat lain yang punya dampak negatif berupa kerontokan rambut, di antaranya obat antialergi, antiinfeksi, antijamur, antibakteri, hingga antiparasit. Obat-obatan lainnya mulai dari obat asam urat, ibuprophen, hingga pil KB juga bisa berdampak serupa.

"Kemudian juga pada pasien kanker yang mendapatkan pengobatan seperti kemoterapi. Kemudian penyakit tiroid, dikasih obat antitiroid juga akan menyebabkan rontok," ujarnya.

Karena cukup banyak obat-obatan yang bisa membuat rambut rontok, kamu disarankan jeli ya, TemanBaik. Sebaiknya, tanyakan pada dokter soal efek samping dari resep obat yang diberikan.

Dengan begitu, kamu akan tahu konsekuensinya. Kamu juga bisa berdiskusi dengan dokter sebelum resep diberikan. Tanyakan apakah obat itu bisa membuat rambut rontok atau dampak negatif lainnya. Jika seperti itu, tanyakan bisakah diganti dengan obat lain dengan potensi negatif lebih kecil.

Cara ini akan membuat kamu tahu konsekuensi ketika mengonsumsi obat. Jadi, Ketika obat tak bisa diganti dan kamu harus menanggung risiko kerontokan rambut, setidaknya kamu sudah tahu gambarannya. Sebab, ada penyakit yang harus diobati dan lebih penting ketimbang rambut rontok.

Yang tak kalah penting, sebisa mungkin kurangi atau hindari mengonsumsi obat tanpa resep dokter. Sebab, kondisi dan penyakit yang dialami belum tentu tepat diobati dengan obat yang dijual bebas di pasaran.

Foto: Ilustrasi Pexels/Karolina Grabowska

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler