Begini Cara Tingkatkan Kemampuan & Beradaptasi dengan Teknologi

Jakarta - Apakah TemanBaik merasa jika saat ini teknologi terus berkembang pesat dan ikut mempengaruhi kehidupan kita? Apalagi sejak pandemi kita terus dianjurkan untuk beraktivitas dari rumah, pasti banyak memanfaatkan teknologi untuk berinteraksi, bukan?

Sudah semestinya kita tidak tinggal diam dan hanya mengikuti arus menghadapi perkembangan teknologi. TemanBaik juga perlu terus meningkatkan kualitas diri agar tidak salah langkah mengikuti perkembangan yang ada loh!

Lantas bagaimana ya cara untuk meningkatkan bahkan menambah kemampuan diri? Yuk, kita simak tips dari Wallstreet Devop dan Stevie Bernadine, seorang HR practitioner, trainer, dan life coach

Pertama, keluar dari zona nyaman. Jangan cepat bilang tidak bisa padahal baru sebentar mencoba atau bahkan belum mencoba sama sekali ya, TemanBaik! 

Jika kamu sudah tahu apa kemampuanmu, itu memang hal yang baik. Tapi tidak ada salahnya loh untuk mencari dan mencoba hal baru.

"Jangan mau kalah sama kekurangan. Saat ini dunia juga menuntut kita untuk terus beradaptasi," ujar Stevie.

Kedua, coba berbagai hal. Nah, untuk ini jangan cepat puas dan merasa cukup TemanBaik. Siapa tahu masih banyak potensi dalam dirimu yang belum kamu sadari.

Baca Ini Juga Yuk: Yuk! Sesuaikan Kemampuan Diri dengan Perkembangan Teknologi

Menurut Stevie, kita perlu mengaktifkan segala sensor dalam tubuh untuk bisa melihat, mendengarkan, bahkan merasakan hal-hal menarik yang belum pernah terjadi dalam hidup kita dan sangat besar peluangnya untuk dipelajari.

"Munculkan rasa ingin tahu untuk mengaktifkan pola pikir kita. Jadi kreatif dengan bisa melihat suatu hal dari berbagai sudut pandang agar kita bisa memberi solusi yang berbeda dari sebelumnya. Ini juga jalan kita mengaktifkan otak," jelas Stevie.

Ketiga, terus belajar. Bagi Stevie, belajar adalah bagian yang tidak akan pernah selesai. Bahkan ketika sudah menjadi seorang pemimpin, kita harus terus belajar bagaimana menjadi seorang pemimpin. 

Hal ini juga berlaku untuk TemanBaik yang ingin mempunyai keahlian lain yang tidak sejalan dengan latar belakang pendidikan, salah satunya jurusan kuliah. Menurut Stevie ini bukan hal yang mustahil asalkan ada kemauan untuk terus belajar.

"Kalau mau coba atau belajar sesuatu, jangan tunggu ada kesempatan atau tunggu lulus dulu. Tapi coba buat kesempatan itu ada. Makannya harus punya kreativitas. Ketika tidak berhenti belajar, kita akan menjadi seorang yang berkompeten," ujar Stevie. 

Keempat, lakukan aksi. Ini menjadi penutup yang tak kalah penting. Menurut Stevie, segala pengetahuan yang kita miliki tak akan berguna jika tidak ada aksi untuk mengimplementasikannya.

Jadi jangan takut untuk mencoba ya, TemanBaik. Justru saat kamu mencoba atau bahkan jika kamu mengalami kegagalan, hal itulah yang dapat menjadi petunjuk bagian mana yang perlu diperbaiki dan dipelajari lagi. 

Kita tidak bisa menghindari perkembangan zaman dan teknologi. Tapi kita mempunyai pilihan untuk tidak tinggal diam dan terus meningkatkan kualitas diri dengan adanya teknologi.

Foto: Ilustrasi Unsplash/Branko Stancevic


Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler