3 Trik Mengeringkan Buku yang Basah Biar Enggak 'Keriting'

Bandung - TemanBaik, jika buku yang kamu punya kebasahan alias terkena air, apa yang dilakukan? Salah satu cara yang biasa dilakukan orang adalah akan menjemur buku itu di bawah terik matahari untuk mengeringkannya. Cara seperti ini kurang tepat loh ternyata!

Penanganan seperti itu memang bisa membuat bukumu kering dengan waktu relatif cepat. Namun, kertas pada buku-buku bisa mengembang dan 'keriting'. Alhasil, buku jadi enggak rata lagi deh seperti semula. Pasti bikin kesel deh kalau sudah seperti itu. Apalagi jika buku itu buku kesayangan.

Iding Hidayat, pengelolaan Taman Bacaan Hendra Bandung, membagi tipsnya nih untuk mengatasi buku yang basah. Simak tipsnya, yuk!

1. Memeras dan Mengelap
Langkah pertama ketika menemukan buku yang basah adalah dengan memerasnya. Namun, jangan membayangkan seperti memeras baju yang dicuci ya.

Cara memerasnya adalah dengan menekan bagian yang basah pada buku dan didorong ke ujung-ujungnya. Misalnya jika buku basah dari tengah, tekan dengan tangan sampai ke ujung buku. Dengan begitu, sebagian dari air akan terdorong keluar. 

Selanjutnya, lap bagian samping buku yang basah dengan  lap kering. Cara ini juga bisa membuat air pada buku lebih terserap.



Baca Ini Juga Yuk: Ini Cara Efektif untuk Ajarkan si Kecil Membaca

2. Diangin-anginkan
Langkah berikutnya, angin-anginkan buku. Caranya, cukup menyimpan buku di tempat yang terdapat angin. Ini bisa dilakukan beberapa jam sampai buku tak terlalu basah.

"Disimpan saja diangin-angin sampai agak kering atau lembap," ujar Iding.

3. Ditekan dengan Pemberat
Langkah terakhir, setelah buku selesai diangin-anginkan, gunakan pemberat untuk menindih buku. Kamu bisa menggunakan batu atau pemberat lainnya.

Namun, pastikan sebelum diberi pemberat, di atas buku sudah diberi alas yang bersih ya. Jika pemberatnya bersih, enggak apa-apa kalau kamu mau langsung menempatkannya di atas buku.

Menurut Iding, proses menimpa buku basah dengan pemberat ini memang cukup lama, tergantung tipis dan tebalnya buku, termasuk suhu di ruangan. Proses ini bisa memakan waktu berhari-hari karena pengeringannya berlangsung alami.

"Memang lama kalau dibandingkan dijemur, tapi hasilnya beda, akan lebih bagus," jelas Iding.

Foto: Djuli Pamungkas/beritabaik.id

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler