Ini Empat Pilihan Gaya Aquascape untuk Kamu Aplikasikan di Rumah

Bandung - TemanBaik, pernah dengar istilah aquascape? Ya, seni mengatur tanaman air tawar, bebatuan, kayu-kayu dan ikan di dalamnya ini punya beberapa jenis gaya loh.

Wendy Kurniawan, seorang aquascaper sekaligus pebisnis UMKM aquascape menjelaskan, setidaknya ada empat gaya atau style aquascape yang boleh jadi rujukan buat kamu yang sedang merancang aquascape di rumah. Sebelumnya, ia sedikit menyinggung seputar perbedaan antara akuarium dan aquascape.

"Akuarium itu sebetulnya tempat atau wadah untuk tanaman dan ikan hidup. Nah, kalau aquascape itu sendiri merupakan akuarium yang sudah didekorasi sedemikian rupa," ujar Wendy.

Nah, sudah paham perbedaannya kan? Sekarang, yuk mengenal beberapa jenis gaya aquascape!

Natural Style
Natural style atau gaya natural dalam aquascape adalah upaya mereplikasi apa yang ada di alam ke dalam akuarium kita. Ya, gaya ini biasanya cukup populer di kalangan aquascaper pemula. Alasannya, karena material dan gaya penataannya bisa dibilang relatif lebih mudah ketimbang gaya lainnya.

Pada dasarnya, gaya natural ini menggambarkan keadaan alam sekitar dan menonjolkan visual berupa pegunungan, hutan, bukit, atau lembah. Mungkin ada diantara kamu yang sudah menerapkan gaya ini pada aquascape-mu di rumah?

Baca Ini Juga Yuk: Begini Caranya Agar Aquascape Makin Indah dan Sehat


Iwagumi
Secara harfiah, Iwagumi artinya taman batu. Dari nuansa pelafalan namanya saja, sepertinya sudah jelas kalau gaya ini berasal dari Jepang. Kabarnya, beberapa orang di Jepang kerap mendekorasi taman mereka dengan batu dan rumput.

"Nah, konsep ini yang coba kita replikasi ke dalam akuarium," ujar Wendy.


Dutch Style
Pada dasarnya, Dutch Style atau gaya Belanda ini merupakan gaya aquascape tertua karena kabarnya sudah ada sejak tahun 1930. Wendy menyebut, gaya ini terinspirasi dari taman bunga tulip di Belanda yang memainkan komposisi tanaman berwarna-warni sebagai sumber estetikanya.

"Jadi dalam Dutch Style ini bakal ada kelompok tanaman berwarna-warni," katanya.

Beberapa sumber juga menyebut kalau gaya aquascape ini bakal memerlukan hingga lebih dari 10 jenis tanaman yang disusun menerapkan formasi tertentu. Makin banyak jenis tanamannya, maka estetika dari gaya aquascape ini akan makin tinggi.


Brazilian Style

Menurut Wendy, ketiga gaya yang sebelumnya disebut apabila dipadukan maka akan menjadi Brazilian Style. Ya, jadi dalam Brazilian Style, bakal ada perpaduan antara gaya natural yang menonjolkan alam sebagai sajian visualnya, Iwagumi sebagai tema bebatuan dan rumput, dan ragam serta warna-warni pola tanaman yang ditanam mengadopsi konsep Dutch Style.

Gaya ini disebut Brazilian Style, karena konon kabarnya gaya ini dipopulerkan oleh para aquascaper di Brasil. Wah, boleh juga nih untuk dicoba di rumah!

TemanBaik, keempat gaya aquascape tadi bisa jadi rujukan buat kamu apabila hendak menyalurkan hobi baru menjadi aquascaper. Jadi, kira-kira kamu lebih suka gaya aquascape yang mana? Atau, jangan-jangan kamu sudah punya salah satunya di rumah?

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler