Bercocok Tanam Enggak Pakai Ribet Bagi Ibu Rumah Tangga

Bandung - Saat ini, bercocok tanam menjadi tren tersendiri di tengah pandemi COVID-19. Bahkan, banyak kalangan ibu rumah tangga yang kini juga tertarik. Mereka memanfaatkan lahan sempit yang ada di tempat tinggalnya untuk dijadikan area urban farming.

Metode bercocok tanam yang digunakan pun beragam, mulai dari langsung menanam di tanah, menggunakan pot, hingga hidroponik. Meski begitu, ada juga ibu rumah tangga yang tertarik, tapi belum bercocok tanam. Alasannya, mereka tidak tahu tanaman apa yang mudah untuk ditanam.

Kepala Dinas Pangan dan Pertanian (Dispangtan) Kota Bandung Gin Gin Ginanjar membagi tips bagi ibu rumah tangga yang ingin bercocok tanam di rumahnya. Yang harus diperhatikan adalah memilih jenis tanaman yang mudah dari segi penanaman, perawatan, serta masa panen.

"Yang mudah itu berbagai sayuran, mulai dari pakcoy, kangkung, sosin, selada bokor, dan pagoda," ujar Gin Gin di Balai Kota Bandung, Selasa (2/3/2021).
Ada alasan tersendiri kenapa ia merekomendasikan tanaman tersebut. Ada berbagai kemudahan dan manfaat dengan menanam tanaman tersebut.

"Kenapa tanaman-tanaman itu cocok buat ibu rumah tangga? Karena pemeliharaannya praktis, ringan, tidak perlu harus pengolahan tanah dan sebagainya. Selain itu, perawatannya sederhana, hasilnya juga cepat, dalam waktu 21 hari, maksimal sebulan, itu sudah bisa dipanen," tutur Gin Gin.

Dengan menanam jenis sayuran tersebut, hasilnya bisa langsung dinikmati oleh mereka yang menanam. Lumayan kan mengurangi biaya belanja sayuran?

Disarankan Membeli Benih 'Jadi'
Mungkin ada yang masih bingung bagaimana cara membibitkan sayuran? Ada caranya kok biar lebih mudah. Kamu bisa membeli benih tanaman, bukan dalam bentuk bibit.

Banyak kok yang menjual bibit tanaman seperti itu. Biasanya, tingginya rata-rata antara 3-5 sentimeter. Benih seperti ini lebih mudah ditanam kembali. Kamu tinggal memindahkannya setelah membeli ke media tanam yang akan dipakai, misalnya ke pot atau langsung menanamnya ke tanah.

"Kalau mau simpel, memang lebih baik membeli benih yang sudah jadi, jadi tinggal memindahkan saja," ucap Gin Gin.

Foto: Oris Riswan Budiana/beritabaik.id
Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler