Yuk! Tetap Bugar Saat Puasa dengan Berolahraga

Bandung - TemanBaik, biasanya saat berpuasa aktivitas apa saja sih yang kamu lakukan? Jangan sampai kamu justru lebih banyak tiduran dan malas bergerak dengan alasan takut haus dan lapar ya! 

Apalagi jika kamu sudah rutin untuk berolahraga, jangan jadikan puasa sebagai alasan untuk setop berolahraga selama satu bulan penuh. Wah, bisa-bisa setelah bulan Ramadan pun kebiasaan olahraga mu menghilang begitu saja. 

Dilansir dari laman Instagram media fitness Indonesia @skwadfitness, sebenarnya olahraga saat berpuasa itu diperbolehkan loh, selama kita menyesuaikan intensitasnya dengan kondisi dan kemampuan tubuh. 

Jika kita asal berolahraga tanpa memperhatikan kondisi tubuh, maka bukan tidak mungkin justru olahraga saat berpuasa memberikan dampak yang kurang baik. Seperti merasa kelelahan, pusing, bahkan dehidrasi. 

Saat berpuasa TemanBaik dianjurkan untuk memilih olahraga ringan seperti jalan cepat, bersepeda, jogging, yoga, hingga aerobik. Durasi dan intensitasnya bisa kamu sesuaikan dengan kemampuan tubuh. Mulailah dahulu dan tingkatan perlahan saat sudah terbiasa. 

Baca Ini Juga Yuk: Begini 7 Langkah Menumbuhkan Kreativitas dalam Diri Kita

Lantas kapan ya waktu yang tepat untuk berolahraga saat berpuasa? @skwadfitness memberikan tiga pilihan waktu yang baik untuk berolahraga nih TemanBaik.

Pertama, saat waktu sahur. Saat sahur tentu tubuh kita masih segar dan menyimpan cadangan energi yang banyak. Tapi ingat, waktu untuk berpuasa juga masih panjang. Maka disarankan untuk berolahraga ringan seperti jalan cepat keliling kompleks. Wah, bisa berolahraga sambil menghirup udara segar pagi hari nih!

Kedua, menjelang waktu buka puasa. Jika kita memilih  berolahraga di sore hari menjelang waktu berbuka cairan atau energi yang hilang saat berolahraga dapat langsung tergantikan.

Ketiga, malam hari setelah berbuka puasa. Sebenarnya ini waktu terbaik untuk berolahraga di bulan Ramadan. Apalagi jika TemanBaik ingin tetap melakukan jenis olahraga berat atau berintensitas tinggi. 

Tapi, jangan langsung olahraga setelah makan ya TemanBaik! Beri jeda minimal satu jam agar makanan yang kita konsumsi bisa dicerna terlebih dahulu oleh tubuh. 

Selain dengan berolahraga, jangan lupa juga untuk dukung kebugaran tubuh selama bulan puasa dengan mengatur asupan nutrisi seimbang dan minum air putih yang cukup agar tidak dehidrasi.

Saat berpuasa, kemungkinan tubuh untuk dehidrasi atau kekurangan cairan lebih besar loh TemanBaik, apalagi jika kita berolahraga. Jadi, usahakan tetap minum air putih minimal 2 liter sehari ya!

Tetap rutin berolahraga saat puasa memang baik untuk tubuh selama kamu menyesuaikannya dengan kemampuan. Namun TemanBaik tidak perlu memaksakan diri. Jika sudah merasa lemas, gemetar, pusing, atau pandangan kunang-kunang langsung hentikan aktivitas olahraga mu dan istirahatlah.

Jadi, kira-kira olahraga apa nih yang mau kamu lakukan selama bulan Ramadan, TemanBaik? Yuk bergerak!

Foto:Ilustrasi Unsplash/ Gervyn Louis


Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler