Asal-usul 'Ngabuburit', Istilah yang Identik saat Ramadan

Bandung - TemanBaik, di bulan ramadan waktu berbuka puasa jadi waktu yang sangat ditunggu-tunggu oleh semua orang yang menjalankan ibadah puasa. Setelah menahan rasa lapar dan haus seharian, waktu berbuka puasa jadi momen puncak selama bulan ramadan ini.

Nah, TemanBaik pasti identik dong dengan istilah 'ngabuburit'? Istilah yang sering muncul di bulan ramadan ini biasanya digunakan untuk mendefinisikan kegiatan yang dilakukan selama menunggu waktu buka puasa tiba.

Tapi, apa TemanBaik tau arti sebenarnya dari kata ngabuburit itu apa? Kalau TemanBaik cek di Kamus Umum Bahasa Sunda yang diterbitkan oleh Lembaga Bahasa dan Sastra Sunda (LBSS), ngabuburit dalam bahasa Sunda adalah ngalantung ngadagoan burit, yang artinya kegiatan yang dilakukan untuk menunggu sore hari.

Baca Ini Juga Yuk: Yuk! Tetap Bugar Saat Puasa dengan Berolahraga

Kata dasarnya dalam bahasa sunda adalah burit, yang artinya sore hari. Ngabuburit memang dikenal dengan istilah menghabiskan waktu luang menjelang jam berbuka puasa. Kegiatan yang dilakukan biasanya jalan-jalan sore hari, mengobrol, atau bahkan mencari hidangan khas berbuka puasa.

Istilah ngabuburit memang berasal dari bahasa Sunda, tapi istilah ini seakan sudah menjadi istilah umum yang bukan hanya dikenal oleh orang Sunda, tetapi seluruh Indonesia. Hal ini juga disampaikan oleh Yudi Hamzah, seorang pegiat kebudayaan dan sejarah pada sesi siaran langsung di instagram @ulinpiadeuh pada Minggu, (19/4).

"Ngabuburit itu identik dengan senja, sore, menjelang magrib, kenapa jadi bahasa nasional karena dalam bahasa Indonesia tidak ada istilah khusus yang merujuk pada kegiatan di sore hari, terutama merujuk khusus menunggu waktu berbuka, jadi ya sudah diserap saja menggunakan bahasa di luar Indonesia, ngabuburit itu satu kata tapi maknanya luas untuk semua kegiatan," tutur Yudi.

Jadi, istilah ngabuburit sebenarnya berasal dari bahasa Sunda, karena kata tersebut sudah populer dan tidak ada kata lain yang bisa menggambarkan kegiatan di sore hari menjelang buka puasa. Kalau TemanBaik biasanya melakukan kegiatan apa saat melakukan i? Hati-hati jangan sampai batal puasa saat ngabuburit ya, tanggung loh!

Foto: Iustrasi-Dok. Djuli Pamungkas/beritabaik.id

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler