Yuk! Tetap Jaga Kesehatan Gigi dan Mulut Selama Berpuasa

Bandung - TemanBaik, seringkali bau mulut mengganggu bahkan membuat sebagian orang tidak percaya diri saat berbicara ketika sedang berpuasa. Tapi bukan hanya masalah bau mulut, seperti hari-hari biasanya kesehatan serta kebersihan gigi dan mulut tetap penting kita perhatikan selama berpuasa loh!

Dilansir dari laman Hallosehat, ada beberapa tips menjaga kesehatan gigi dan mulut selama berpuasa nih TemanBaik. Yuk simak!

Pertama, rajin menggosok gigi. Saat berpuasa kamu dapat menggosok gigi sebelum tidur dan setelah sahur. Ketika berpuasa produksi air liur akan berkurang dan dapat menyebabkan bau mulut. Nah jika gigi tidak rutin dibersihkan, maka akan menumpuk sisa makanan dan memperparah bau mulut.

Kedua, gunakan obat kumur. Hal ini dapat menjadi perlindungan tambahan untuk kebersihan gigi dan mulut. Namun penggunaan obat kumur yang mengandung alkohol tidak disarankan, karena dapat membuat mulut menjadi kering. 

Jika takut menelan larutan obat kumur secara tidak sengaja dan khawatir membatalkan puasa, lakukanlah aktivitas berkumur ini pada malam hari. TemanBaik juga dapat melakukan flossing atau membersihkan sela gigi dengan benang khusus setelah menggosok gigi. 

Baca Ini Juga Yuk: Begini Pentingnya Sahur Saat Berpuasa

Ketiga, tingkatan asupan cairan dan serat. Rupanya cukup mengkonsumsi air putih saat sahur dan berbuka bukan hanya menghindari tubuh dari dehidrasi tetapi dapat berpengaruh pada kesehatan tubuh termasuk mulut. Selain itu jangan lupa untuk makan buah-buahan ya!

Keempat, membatasi asupan gula. Memang kita dianjurkan untuk berbuka dengan makanan atau minuman yang manis. Namun asupan gula yang masuk juga harus diperhatikan loh, TemanBaik.

Kelima, pilih pasta gigi yang dapat memberi perlindungan ekstra. Dalam hal ini kamu bisa memilih pasta gigi herbal. Walaupun fungsinya sama dengan pasta gigi pada umumnya, namun pasta gigi herbal memiliki keunggulan karena komposisi bahan alaminya seperti eucalyptus

Kandungan eucalyptus pada pasta gigi dapat menjadi antibakteri dan antimikroba yang secara aktif dapat melawan bakteri yang dapat menyebabkan gigi berlubang ataupun infeksi pada gusi. 

Wah, ternyata ada banyak cara yang tepat dan mudah untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut termasuk mencegah bau mulut selama berpuasa ya. Nah, sekarang tips di atas jangan lupa untuk kamu praktikkan ya, TemanBaik! 

Foto: Ilustrasi Unsplash/Rudi Fargo

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler