Kebiasaan Baik Bangun Pagi Bisa Bikin Kamu Lebih Sehat Loh!

Bandung - TemanBaik, bangun pagi tentu menjadi #KebiasaanBaik yang sebisa mungkin dilakukan oleh semua orang. Bangun pagi memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, bahkan bukan hanya fisik tapi juga mental. Selain hanya bangun di pagi hari, TemanBaik juga harus memiliki rutinitas dan kegiatan pagi, yang bisa membuat fisik dan mental jadi lebih segar.

Bangun pagi bagi beberapa orang memang cukup sulit, tetapi mengistirahatkan fisik dan mental lebih dini tentu memiliki dampak baik. Manfaat bangun pagi ini dijelaskan oleh Saskhya Aulia Prima, M.Psi., Psikolog pada sebuah seminar daring yang diadakan oleh Frisian Flag Indonesia dengan judul 'Kebaikan Susu Awali Hari' pada Rabu, (2/6).

Saskhya menemukan tiga penelitian yang dibuat pada tahun 2018 hingga tahun 2020 tentang manfaat dari bangun di pagi hari ini. Manfaat yang pertama bangun di pagi hari adalah membuat mindset atau pola pikir TemanBaik lebih positif.

Hal ini juga membuat TemanBaik lebih optimis dalam menjalani hari, sehingga siap menghadapi tantangan yang ada pada hari itu hingga seterusnya.

"Bahwa ternyata mereka yang biasa bangun pagi itu pola pikirnya lebih positif, jadi memulai hari juga lebih optimis dalam menjalani hari," tutur Saskhya.

Baca Ini Juga Yuk: 5 Hal yang Bikin Kota Baru Parahyangan Nyaman Ditinggali

Selain itu, manfaat yang kedua dari bangun pagi adalah memiliki manajemen emosi yang lebih baik. Tentu orang yang kurang tidur dan akhirnya bangun terlalu siang akan kurang bersemangat dalam menjalani hari, sehingga akan mudah emosi.

Selain itu, manajemen emosi yang baik dari bangun pagi juga memberikan dampak positif saat bersosialisasi. TemanBaik akan lebih bersemangat dan senang mengobrol dan bertemu dengan banyak orang. Hal inilah yang menjadikan bangun pagi cukup penting untuk dibiasakan oleh TemanBaik.

"Kemudian secara manajemen emosi itu lebih baik, jadi kontrol emosi dan kemampuan sosial ngobrol sama orang, lebih asertif juga, jadi mereka yang bangun pagi itu lebih positif dan emosinya itu lebih baik selama hari," tambah Saskhya.

Selanjutnya, bangun pagi juga membuat TemanBaik lebih sehat secara fisik dan mental. Hal ini tentunya menurunkan risiko TemanBaik terkena penyakit fisik dan mental. Bahkan hal ini terbukti secara ilmiah dan dibuktikan lewat komponen gen yang ada di dalam tubuh orang-orang yang senang bangun pagi.

"Hampir di 700.000 orang dan ternyata dilihat komposisi gen, yang biasa bangun pagi itu lebih sehat secara mental selain secara fisik, jadi resiko dia punya depresi kemudian skizofrenia sebenarnya lebih rendah ternyata untuk tipikal gen yang ternyata mereka tuh biasa bangun pagi," jelas Saskhya.

Nah, TemanBaik tentu sudah mulai menyadari manfaat dan keuntungan yang didapat dari bangun pagi. Berkegiatan secara maksimal tentu memang harus dilakukan, tetapi jangan sampai TemanBaik kurang tidur dan akhirnya kurang sehat secara fisik dan mental.

Yuk, lakukan #KebiasaanBaik bangun pagi agar TemanBaik lebih sehat dan bersemangat ya!

Foto: Ilustrasi Unsplash/Bayrkhuu Battulga

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler