Mausoleum Ursone, Makam Bergaya Eropa yang Tersembunyi di Pandu

Bandung - TemanBaik, di komplek Taman Pemakaman Umum (TPU) Pandu, Kota Bandung, ternyata ada sebuah bangunan yang unik bergaya ala Eropa. Bangunan itu bernama Mausoleum Ursone Fam.

Mausoleum sendiri berarti makam yang besar dan indah. Bangunan dengan ruangan di dalamnya berfungsi untuk menyimpan satu atau lebih jenazah. Bangunan ini merupakan makam keluarga Ursone. Ursone adalah sosok asal Italia yang dulunya dikenal sebagai pengusaha peternakan, tepatnya produsen susu sapi di Bandung, saat era Hindia-Belanda. Keluarga Ursone ini memiliki peternakan di kawasan Bandung Utara, tepatnya di sekitar Lembang, Kabupaten Bandung Barat.



Untuk menuju ke sini, kamu harus bertanya kepada para penjaga atau petugas makam. Sebab, lokasinya cukup tersembunyi di antara makam-makam yang ada. Begitu masuk ke TPU Pandu, ada jalan kecil di sebelah kanan.

Masuklah dan ikuti jalan tersebut. Setelah beberapa meter, kamu akan menemukan sebuah bangunan yang estetik banget ala Eropa. Sepintas, bangunannya mirip kuil. Pada bagian depannya terdapat patung malaikat wanita yang berkesan sebagai penjaga.

Pada bagian atas bangunan ini terdapat tulisan 'ORATE PRO NOBIS' dan bagian bawahnya tertulis 'FAM URSONE'. Sedangkan pada bagian kiri-kanannya terdapat beberapa nama dari keluarga Ursone, lengkap dengan tanggal lahir dan meninggalnya.

Baca Ini Juga Yuk: Kisah yang Bikin 5 Tempat Wisata Ini Makin Menarik Dikunjungi

Jika dijadikan objek foto, Mausoleum Ursone Fam ini cantik banget loh. Karena bangunan tua, ada kesan antik dan mungkin oleh sebagian orang dianggap menyeramkam. Apalagi, bangunan ini berada di tengah komplek pemakaman.

Namun, di balik keindahan bangunannya, Mausoleum Ursone Fam ini cukup memprihatinkan karena kurang terawat. Cat putih yang harusnya menghiasi bangunan sudah luntur. Bahkan, salah satu patung malaikat wanita di sana sempat roboh, loh!

Para pegiat sejarah dari Sahabat Heritage Indonesia (SHI) kemudian melakukan #AksiBaik. Mereka melakukan perbaikan terhadap bangunan antik tersebut. Dana yang dipakai pun urunan dari anggota dan siapapun yang bersedia menyumbang. Selama beberapa hari pengerjaan dilakukan dan baru diresmikan pada Minggu (6/6/2021).



Hasilnya, patung yang sempat roboh kembali bisa berdiri tegak di tempatnya. Selain itu, area tersebut juga terlihat lebih bersih. Namun, khusus untuk pengecatan, hal itu tak bisa dilakukan karena kondisinya saat ini tak memungkinkan. Ke depan, perbaikan rencananya bakal terus berlanjut, termasuk berencana memplester ulang dan pengecatan ulang.

Tak hanya itu, SHI juga meminta secara khusus agar penjaga makam di sana merawat keberadaan Masuoleum Ursone Fam. Sebab, selama ini tempat itu seolah terlupakan. Harapannya, tempat ini bisa lebih terjaga dan lestari mengingat punya nilai sejarah tersendiri.

"Kan ini termasuk salah salah satu bangunan antik dan bersejarah. Kita ingin melestarikan jejak sejarah yang pernah berkontribusi untuk Bandung, salah satunya Mausoleum Ursone Fam ini," kata Ketua SHI Herry Mathias Rehuel.

Setelah dipoles, ia berharap semakin banyak publik yang tahu dan turut melestarikan keberadaan Mausoleum Ursone Fam tersebut. Jangan sampai tempat tersebut nantinya kembali tidak terawat, rusak, dan akhirnya tinggal jejaknya saja.

TemanBaik, jika penasaran dengan Mausoleum Ursone Fam ini, datang ke lokasi saja. Buktikan sendiri deh kesan antik dan anggunnya. Pesannya, jika ke sana, jangan lupa bawa lotion antinyamuk, ya! Sebab, di sana cukup banyak nyamuk yang 'bandel'.

Foto: Djuli Pamungkas/beritabaik.id


Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler