Yuk! Simak Ini Biar Perawatan Kulit Hasilnya Maksimal

Bandung - Siapa di antara TemanBaik yang sudah rutin memakai skincare alias perawatan kulit? Bermanfaat banget tentunya perawatan kulit ini, mulai dari membuat kulit lebih sehat, cerah, terawat, hingga mencegah penuaan dini.

Namun jenis kulit berbeda pada setiap orang bikin kita harus pintar memilih produk perawatan kulit yang tepat. Tujuannya biar perawatan kulit yang digunakan berkhasiat maksimal.

Wardah Beauty's Campus Brand Ambassador Karina Rahma membagikan tips untuk memilih perawatan kulit sesuai jenis kulit ini. Simak yuk!

Ketahui Tipe Kulitmu
Umumnya, jenis atau tipe kulit terbagi menjadi lima, yaitu normal, berminyak, kering, kombinasi, dan kulit sensitif. Kelima tipe kulit ini juga memiliki ciri berbeda-beda, loh.

"Kulit normal itu perawatannya enggak ribet karena kadar minyak dan air di kulitnya seimbang. Kalau berminyak, cenderung licin dan mengkilap, namun kusam. Pori-pori juga besar dan mudah berjerawat," kata Karina dalam webinar 'Beauty A+ with Skincare Literacy'.

Baca Ini Juga Yuk: Ini Manfaat Luar Biasa dari Lendir Keong untuk Skincare

Menurutnya, kulit kering biasanya terlihat tidak elastis dan kulit cenderung kasar. Sedangkan tipe kulit kombinasi umumnya hanya berminyak di bagian T Zone yaitu dagu, hidung, dan kening. Terakhir, kulit sensitif merupakan jenis yang cukup sulit ditangani karena mudah gatal dan iritasi.

Nah, kamu sudah tahu tipe kulitmu yang mana? Jika belum, ada cara mudah dan cepat untuk mengetahuinya, yaitu menggunakan kertas minyak.

Caranya, TemanBaik cukup mencuci muka dengan sabun hingga bersih. Kemudian diamkan selama 45 hingga 60 menit. Jika sudah, tempelkan kertas minyak di hidung, kening, dagu, dan kedua pipi. Lalu, perhatikan bagian mana yang berminyak.

Foto: Tangkapan layar webinar Beauty A+ with Skincare Literacy/Irsya Kireina

"Kalau minyak hanya sedikit, itu jenis kulit normal. Kalau semua berminyak, bahkan sampai kertas minyaknya tipis, itu tipe kulit berminyak. Kalau tipe kulit kering, tidak ada minyak yang menempel, bahkan kertas minyaknya bisa jatuh dari wajah. Lalu untuk tipe kombinasi, yang berminyak di bagian T Zone," terang Karina.

Namun, perlu diingat, ini hanya cara mudah dan cepat, ya, TemanBaik. Tentu untuk hasil yang lebih akurat dan efektif, kamu bisa mengecek jenis kulitmu menggunakan skin test di situs kosmetik atau konsultasi pada ahlinya.

Mulai dari Perawatan Kulit Dasar
Untuk melakukan perawatan kulit, disarankan kamu memulai dari basic skincare atau perawatan kulit dasar yang terdiri dari skincare harian dan mingguan. Ada tiga tahapan dalam rangkaian basic skincare, yaitu cleansing, toning, dan moisturizing. Tambahkan juga sunscreen saat pagi hari.

Pada tahap cleansing atau membersihkan, TemanBaik perlu melakukan dua tahapan, terutama saat malam hari. Pertama menggunakan cleanser untuk mengangkat kotoran, memberikan efek sejuk, dan membersihkan wajah. Kedua, gunakan sabun wajah untuk wajah yang lebih bersih secara menyeluruh dan optimal.

"Sabun wajah pada kulit kering sebaiknya menggunakan gentle cleanser yang juga memiliki kandungan pelembab. Sedangkan untuk kulit berminyak gunakan bahan yang dapat mengontrol minyak seperti aloe vera dan tea tree. Lalu untuk kulit kombinasi dan sensitif gunakan ultra gentle cleanser," ujar Karina.

Selanjutnya adalah tahap toning. Pada tahap ini kita mempersiapkan kulit untuk tahapan selanjutnya sambil menyeimbangkan Ph kulit. Pemilihan toner juga harus disesuaikan dengan jenis kulit, seperti hydrating toner untuk kulit kering, balancing toner untuk kulit berminyak, kombinasi, hingga calming toner untuk kulit sensitif.

Baca Ini Juga Yuk: Dua Masalah Kulit Saat Pandemi, Ini Tips Mencegahnya

Tahap selanjutnya adalah moisturizer yang berguna untuk melembabkan kulit. Tipe kulit kering dan sensitif disarankan memakai pelembab bertekstur krim. Tipe kulit berminyak disarankan memakai pelembab bertekstur gel. Sedangkan tipe kulit kombinasi disarankan memakai pelembab bertekstur gel atau lotion.

Nah, selain tiga tahapan dasar dari perawatan kulit wajah di atas, jangan lupa untuk mengaplikasikan sunscreen pada pagi hari ya! Penggunaan sunscreen ini penting loh untuk melindungi wajah dari UVA dan UVB yang berbahaya.

"SPF pada sunscreen itu ada beragam. Ada yang SPF 15 dan dapat memblokir 93 persen UVB bisa dipakai saat di rumah saja, SPF 30 dapat memblokir 97 persen UVB bisa dipakai kalau mau keluar rumah, tapi tidak jauh, dan SPF 50 dapat memblokir 98 persen UVB bisa dipakai kalau mau ke tempat yang banyak terkena matahari seperti pantai agar perlindungannya lebih optimal," terang Karina.

Nah, untuk rangkaian perawatan wajah mingguan, bisa rutin menggunakan masker dan eksfoliasi wajah yang bertujuan mengangkat sel kulit mati agar wajah lebih cerah dan tidak kusam. Selanjutnya, jika sudah mendapatkan rangkaian dasar perawratan kulit yang cocok, kamu boleh kok menambahkan tahapan lainnya sesuai dengan kebutuhan wajah.

Sekarang sudah tahu kan jika perawatan kulit sebaiknya tak asal dilakukan? Yang jelas, jika kamu membeli produk perawatan kulit, pastikan produknya aman dan berkhasiat. Hindari membeli produk perawatan kulit sembarangan karena khawatir justru bisa merusak kulitmu.

Ilustrasi: Ivan Samkov (Pexels)


Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler