'Me Time' Bisa Jadi Cara Ampuh Atasi Stres saat Pandemi Loh!

Bandung - TemanBaik, pernah dengar istilah 'me time' kan? Nah, sepertinya kamu punya definisi masing-masing soal istilah ini. Memang, sebenarnya me time yang ideal itu seperti apa sih?

Dalam sesi diskusi daring bersama Maverick Indonesia dan AJI Indonesia, Psikolog Ajeng Raviando menyebut me time adalah salah satu metode yang cukup ampuh dalam mengatasi gangguan kesehatan mental seperti stres. Memang sih, kesal dan jengah rasanya mengamati linimasa media sosial, hampir semua bicara tentang ketakutan karena melunjaknya kasus virus korona.

Istilah me time itu sendiri sebetulnya enggak jauh dari mengambil waktu untuk diri sendiri. Sebab, ada kalanya kita juga butuh waktu untuk enggak ketemu sama orang banyak. Betul kan?

Baca Ini Juga Yuk: Jangan Panik! Lakukan Hal Ini saat Terpapar Virus Korona

Namun, di beberapa kalangan, me time identik dengan liburan ke luar kota, pergi ke alam bebas dan berfoto ria di sana. Padahal, me time enggak melulu seputar jalan-jalan dan menyendiri loh! Kita bahkan bisa melakukannya sendirian di rumah, dan caranya sangat mudah.

"Me time itu enggak harus liburan jauh. Cukup masuk ke kamar, ambil waktu 15 atau 30 menit untuk enggak memikirkan apapun, atau melakukan hal yang kita suka," ujar Ajeng.

Barangkali kamu gemar bermain gim, atau mungkin mendengarkan lagu, atau juga menonton film? Nah, pergi menyendiri di kamar untuk melakukan hal tersebut walau hanya satu jam, misalnya, bisa dikatakan me time. Nah, enggak perlu keluar banyak uang kan?

Oh ya, kegiatan saat me time yang direkomendasikan Ajeng adalah dengan berolahraga. Ya, selain merilis stres, olahraga juga menyehatkan kita.

Enggak berhenti sampai di situ, saat kita sedang me time, pastikan kita juga enggak memancing ketakutan baru di tengah me time kita. Ya, stres itu energi yang sebetulnya bisa kita kelola. Manajemen stres saat berhadapan dengan situasi seperti ini sangat penting kita kuasai.

Jadi, sebaiknya, hindari dulu deh ngobrol atau curhat dengan teman yang justru malah membuat kecemasan kita semakin menjadi-jadi. Hindari pula membuka media sosial saat sedang me time. Fokus sama diri kita dulu saja, TemanBaik.

Sebagai tambahan, buat kamu yang menghabiskan me time dengan menonton layar komputer seperti main gim atau nonton film, gunakan pola 20-20-20, ya. Jadi, setiap 20 menit berhadapan dengan layar, sempatkan 20 detik untuk jeda dan melihat pemandangan ke luar sana sejauh 20 meter.

"Kalau meja kerjanya di dekat jendela sih enak. Jadi, bisa jeda dan liat pemandangan ke luar sejauh 20 meter. Ini jangan lupa, ya," sambung Ajeng.

Lalu, bagaimana jika sudah me time lalu kamu masih tetap merasa stres? Enggak perlu kuatir, artinya, boleh jadi kamu sudah memerlukan bantuan profesional. Jangan ragu menghubungi psikolog ya, TemanBaik. Selain kesehatan raga, kesehatan mental kamu juga enggak kalah penting.

"Cari cara untuk kenal diri kita untuk mengatas stres," pungkas Ajeng.

TemanBaik, walau kondisi saat ini enggak bisa dibilang baik-baik saja, tetapi enggak ada alasan untuk berhenti produktif dan membuat sesuatu yang keren. Semangat ya!

Foto: Ilustrasi Unsplash/Ava Sol

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler