Ini yang Harus Dicontoh Indonesia dari Pendidikan di Finlandia

Bandung - Finlandia dikenal sebagai negara yang memiliki sistem pendidikan terbaik di seluruh dunia. Negara ini juga telah menjadi pemimpin dalam sistem pendidikan di dunia di bidang matematika, sains dan membaca.

Dalam kelas sains, Finlandia membatasi jumlah siswanya yaitu hanya berjumlah maksimal 16 siswa saja. Setiap 12 anak diajar oleh satu orang guru, sehingga kesempatan anak-anak untuk berinteraksi dengan gurunya pun lebih besar.

Syarat khusus pun diberlakukan bagi para guru. Untuk dapat mengajar di Finlandia, setiap guru harus bergelar minimal magister dan dapat memperoleh gelar master di satu dari 8 perguruan tinggi negeri yang disubsidi oleh negara.

Berdasarkan informasi yang didapat dari laman The Guardian, anak-anak di Finlandia tidak diperkenankan memulai sekolah formal hingga mereka berusia tujuh tahun. Orang Finlandia juga meyakini kalau anak-anak bisa belajar dan mengembangkan diri tak hanya ketika belajar, namun juga dengan bermain, berimajinasi dan bersosialisasi dengan teman sebayanya.

Pemerintah Finlandia berharap dan memastikan semua warga negara mendapatkan hak pendidikan yang sama. Sistem pendidikan di Finlandia tidak memberlakukan tingkat institusi pendidikan, di mana semua siswa dianggap setara dalam haknya untuk dapatkan pendidikan.

Finlandia juga melarang adanya pemilihan sekolah, ujian formal dan ujian kemampuan pun baru diberikan setidaknya sampai usia 18 tahun. Para siswa juga tidak dibebani pekerjaan rumah yang berat, namun hanya diberikan tugas disesuaikan dengan kemampuan siswanya.

Dalam hal pendidikan, Indonesia mungkin bisa mencontoh sistem pendidikan di Finlandia.



Foto: Pexels.com

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler